×

Iklan

Indeks Berita

Seru, Ratusan Siswa SDN Ciwaringin 3 di Latih Pencegahan dan Penanggulangan Damkar

2 Okt 2022 | Minggu, Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-02T04:57:34Z
Armada Damkar dari Bidang Damkar dan Penyelamatan BPBD Karawang bersama tiga personilnya, datangi ratusan siswa SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang, Sabtu pekan kemarin (1/10/2022). Bukan karena ada insiden kebakaran, tetapi para siswa bersama guru setempat, justru menyambut dengan riang gembira 1 unit armada damkar bersama personil lengkap dengan pakaian dinasnta, lantaran mereka bakal menerima materi dan sosialisasi langsung dari ahlinya seputar tugas-tugas damkar dan cara penyelematan kebencanaan di komplek sekolahnya.
Foto : Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Damkar yang di gelar bersama Siswa SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang


Kepala SDN Ciwaringin 3 Aisyah Mardiana S.pd mengungkapkan, pihaknya sengaja mengundang materi dan sosialisasi dari pihak Damkar BPBD Karawang untuk bahan pembelajaran terhadap para siswanya di sekolah. Bukan saja seputar tugas dari Program Sekolah Penggerak (PSP) yang mengusung pelajar profile pancasila, tetapi lebih dalam mengetahui seputar tugas damkar, cara menjinakkan api saat terjadi kebakaran maupun penyelamatan kebencanaan lainnya, seperti ancaman binantang buas, penyelamatan hewan yang terjebak maupun upaya lainnya. 
Foto : Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Damkar yang di gelar bersama Siswa SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang

"Lewat sosialiasi ini, anak semakin respek dengan apa yang harus mereka lakukan saat ada bencana, kepekaan terhadap binatang yang mengancamnya, maupun sekedar menjawab keinginantahuan mereka soal armada damkar dan cara kerjanya, " Kata Aisyah kepada pelitakarawang.com.


Sebanyak 241 siswa, sebut Ai, ikut serta menyimak dalam sosialisasi penanganan Damkar ini. Diharapkan, para siswa mampu menyerap pemahaman apa yang harus mereka lakukan saat terjadi kebakaran. Artinya, sebut Ai, dengan mendatangkan langsung Armada damkar, praktek dan teknis lainnya yang di sampaikan, siswa bahkan para guru juga mendapatkan pembelajaran langsung yang tidak sebatas kontekstual.
Foto : Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Damkar yang di gelar bersama Siswa SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang

"Pembelajaran langsung kita dapat dan tidak sebatas kontekstual, Alhamdulillah semuanya riang gembira, " Katanya.

Kabid Damkar dan Penyelamatan BPBD Karawang, Rohmat Ilyas mengapresiasi pihak sekolah yang dengan sigap membantu memfasilitasi damkar untuk sosialisasi kepada siswa maupun guru. Adapun kegiatan di SDN Ciwaringin 3 yang merupakan pelatihan pencegahan dan penanggulangan Kebakaran ini, semoga bisa di contoh sekolah lainnya untuk melakukan kegiatan serupa. Cukup layangkan surat permohonan langsung kepada pihaknya, insha Allah pihaknya akan bantu berikan pendalaman sosialisasi lebih banyak lagi. 

"Sejauh ini memang yang dari sekolah itu masih minim, termasuk dari pesantren. Jadi kalau ada yang hendak mengajukan sosialisasi, pihaknya sangat terbuka, karena ini membantu meredam ancaman kebakaran di sejumlah fasilitas, termasuk pendidikan , " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS