×

Iklan

Indeks Berita

7 Aturan yang Akan Berlaku pada Piala Dunia 202, Ini Syarat Masuk, Akomodasi, hingga Hukum Adat

5 Nov 2022 | Sabtu, November 05, 2022 WIB Last Updated 2022-11-05T10:47:08Z

Aturan yang berlaku pada Piala Dunia 2022 perlu dipahami. Jelang Piala Dunia 2022 yang akan dimulai pada 20 November 2022, setiap orang yang akan mengunjungi Qatar wajib memahami aturan berikut.

Foto ilustrasi : Piala Dunia

Qatar selaku penyelenggara telah memberlakukan beberapa aturan terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Khususnya, bagi mereka yang akan menonton ajang sepak bola empat tahunan tersebut.

Aturan tersebut meliputi beberapa prosedur terkait akomodasi, persyaratan masuk, tiket, hingga hukum adat yang berlaku di negara Arab tersebut.

Berikut ini adalah 7 aturan yang berlaku pada Piala Dunia 2022 yang dirangkum iNews.id dari GOV, Jumat (4/11/2022).1. Kartu Hayya untuk Persyaratan Keluar Masuk

Anda harus mengajukan permohonan untuk Kartu Hayya alias paspor khusus untuk keluar masuk Qatar. Penggunaan Kartu Hayya mulai sejak 1 November 2022 hingga 23 Desember 2022 atau setelah gelaran Piala Dunia berakhir.

Hayya bisa diperoleh jika pengunjung telah membeli tiket pertandingan. Proses verifikasi selesai ketika Anda telah memasukkan reservasi hotel.

Dengan kata lain, seseorang memerlukan tiket dan reservasi hotel untuk memperoleh Hayya dan memasuki Qatar. Namun, anak-anak di bawah umur menjadi pengecualian dan tidak Hayya untuk memasuki Qatar serta stadion Piala Dunia.

2. Penggunaan Narkoba

Tidak ada toleransi untuk obat-obatan di Qatar. Hukuman untuk penggunaan, perdagangan, penyelundupan dan kepemilikan obat-obatan dapat mencakup hukuman penjara yang panjang, denda berat dan deportasi.

3. Alkohol

Ketersediaan alkohol di Qatar telah diatur dalam undang-undang terkait, dan akan berbeda dengan turnamen sebelumnya.

Alkohol saat ini hanya tersedia untuk pengunjung di restoran dan bar hotel berlisensi dan ketersediaan tambahan  situs zona penggemar tertentu selama turnamen.

Anda tidak mungkin membeli alkohol di toko. Hanya ada satu distributor di Qatar dan ini dibatasi untuk penduduk dengan izin yang sah.

Usia legal untuk minum alkohol di Qatar adalah 21 tahun. Minum alkohol atau mabuk di tempat umum merupakan pelanggaran. Impor alkohol ke Negara Qatar adalah ilegal. Anda tidak akan bisa membeli alkohol dari bebas bea di bandara untuk dibawa ke Qatar.

4. Dilarang Bermesraan di Muka Umum

LGBT adalah hal yang ilegal di Qatar. Kehidupan pribadi atau privat seseorang sangat dihormati di Qatar, tetapi keintiman dalam bentuk apapun di depan umum dapat dianggap menyinggung, terlepas dari jenis kelamin, orientasi seksual, atau niatnya.

5. Tiket Piala Dunia

Jika seseorang ingin berkunjung ke Qatar dan belum memiliki tiket, masih terdapat tiga opsi untuk mendapatkannya. Pada akhir bulan September, panitia telah membuka penjualan tiket terakhir melalui situs web FIFA. FIFA telah mengalokasikan 3 juta tiket dan mereka kini telah menjual hampir 2,5 juta.

6. Transportasi Gratis

Jika sudah memiliki tiket pertandingan, reservasi hotel, dan mengantongi Kartu Hayya, maka akan ada sejumlah keuntungan. Antara lain adalah transportasi gratis untuk pengunjung.

Semua pemegang Hayya bakal mendapatkan memiliki akses transportasi umum gratis di Qatar. Pasalnya, ada 8 stadion yang jaraknya cukup jauh.

7. Kesehatan

Pemerintah Qatar kini akan memudahkan aturan dan persyaratan Covid-19 bagi penonton Piala Dunia. Wisatawan yang akan menyaksikan Piala Dunia tidak lagi harus menunjukkan hasil tes Covid-19 atau melakukan pra-pendaftaran di aplikasi pemerintah untuk memasuki negara tersebut.

Pengunjung tidak lagi memerlukan hasil tes PCR atau antigen untuk masuk Qatar. Relaksasi terbaru dari langkah-langkah terkait regulasi Covid-19 itu berlaku mulai Selasa, 1 November 2022 atau hanya 19 hari sebelum Piala Dunia dimulai.

Itulah 7 aturan yang berlaku pada Piala Dunia 2022. Menarik dinantikan gegap gempita turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.


Sumber: Inews 

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS