Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang lakukan monitoring dan evaluasi (monev) bantuan UMKM Rp1 milyar di Kecamatan Cilamaya Kulon. 


Hasilnya, bantuan berupa barang dan peralatan untuk meningkatkan produksi itu disambut baik oleh masyarakat. Pasalnya, berkat bantuan barang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang omzet mereka meningkat pesat. 

Kepala Bidang Perizinan dan Pengembangan Koperasi (PPK) Dinkop UKM Kabupaten Karawang, Diah Mira Desi menuturkan, monev di Kecamatan Cilamaya Kulon bertujuan untuk memastikan bantuan barang memenuhi nilai manfaat untuk para pengusaha mikro. 

Ia merinci, ada empat desa di Kecamatan Cilamaya Kulon yang mendapat bantuan barang. Ke-empat desa tersebut semuanya merupakan desa yang masuk dalam daftar desa miskin ekstrem.

"Kami sudah memastikan bantuan barang ini telah diterima dengan baik oleh para pelaku usaha di Kecamatan Cilamaya Kulon. Ada pun jika barangnya rusak atau tidak sesuai kebutuhan, maka akan diganti atau diperbaiki oleh vendor yang membuat," ujarnya.

Menurutnya, selain memastikan bantuan barang sampai dan tepat sasaran, monev juga dilakukan untuk memastikan barang masih digunakan oleh penerima bantuan dengan baik.

"Semua barang kondisinya baik, secara keseluruhan tidak ada keluhan berarti di Kecamatan Cilamaya Kulon," tuturnya. 
 
Sementara, Ketua Koperasi Sahabat Bersama Ahmad Fanani mengatakan, bantuan barang bagi UMKM ini sangat bermanfaat. Sebab, bisa membantu meningkatkan produksi dan omzet para pedagang. 

"Terima kasih, bantuan barang bagi UMKM ini sangat bermanfaat dan telah membantu meningkatkan pendapatan para pedagang kecil binaan koperasi kami," ucapnya. 

Mewakili Camat Cilamaya Kulon, Endang Setia menambahkan, para pelaku UMKM di Kecamatan Cilamaya Kulon diminta untuk memanfaatkan bantuan barang itu dengan baik. Sebab, harapan pemerintah memberikan bantuan tersebut untuk meningkatkan produktifitas para pelaku usaha.

"Harapannya, semoga pelaku UMKM di Kecamatan Cilamaya Kulon bisa memanfaatkan bantuannya sebaik mungkin. Agar Kecamatan Cilamaya Kulon lepas dari status kecamatan dan desa miskin ekstrem di Karawang," ungkapnya. (Jn)