Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan FIFA mengizinkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) digunakan untuk  Piala AFF 2022  jelang Piala Dunia U 20 2023  namun tidak merestui konser.


Foto: Piala AFF 2022 

Itu sesuai dengan surat elektronik FIFA kepada PSSI yang beredar pada Rabu (30/1). Dalam surat itu disebutkan bahwa FIFA tak ingin ada jadwal 'dua konser dengan persiapan berhari-hari' di GBK sebelum Piala Dunia U-20 2023.


"Ya, benar [FIFA telah menjawab surat PSSI soal GBK]. Untuk kepentingan sepak bola [Piala AFF 2022] dipersilakan oleh FIFA," kata Yunus kepada CNNIndonesia.com pada Rabu siang.



Dalam surat elektronik FIFA yang dikirim ke PSSI itu disebutkan bahwa kondisi rumput GBK menjadi pertimbangan. FIFA tak ingin kualitas rumput menurun saat Piala Dunia U-20 2023 karena digunakan untuk dua konser secara berdekatan.


"Setelah konsultasi dengan FIFA Pitch Management kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menerima agenda [di GBK] yang akan berlangsung," tulis FIFA dalam suratnya.


"Mengadakan dua konser dalam beberapa hari kegiatan penyiapan dan pembongkaran di lapangan permainan tentu akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," tulis FIFA.


Mengenai surat FIFA ke PSSI tersebut, CNNIndonesia.com telah meminta komentar Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo, tetapi hingga berita ini diturunkan belum ada respons.


Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun. Kejuaraan ini akan berlangsung di enam stadion. Selain GBK ada I Wayan Dipta, Manahan, Jakabaring, Gelora Bung Tomo, dan Si Jalan Harupat.(CNN)