*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Mau Ambruk, Dewan Rizka Reposisi Pokirnya Buat Gedung SDN Tegalwaru 1 Cilamaya Wetan

Sedikitnya tiga ruangan SDN Tegalwaru 1 Kecamatan Cilamaya wetan mengalami kerusakan parah di bagian plafon langit-langit, kaso dan atapnya selama beberapa tahun terakhir. Meskipun sempat mengajukan rehabilitasi setiap tahunnya, namun bangunan sekolah yang tepat di samping Kantor Desa Tegalwaru itu, tak kunjung kebagian anggaran untuk perbaikan. 

Foto : Terancam Ambruk, Gedung SDN Tegalwaru 1 Cilamaya Wetan segera di Garap Aspirasi DPRD Rizka Restu Amalia

Akibatnya, selama satu semester tahun ajaran, satu ruang yang biasa jadi tempat KBM siswa kelas 2 tersebut, terpaksa di kosongkan karena material bangunan nyaris ambruk dan khawatir menimpa para siswa. 

Prihatin atas kondisi itu, Anggota DPRD Karawang Dapil IV Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rizka Restu Amalia antisipatif lewat anggaran Aspirasinya di APBD Perubahan untuk merehabilitasi gedung yang berpotensi ambruk tersebut.

"Jangan sampai keburu ambruk, nanti beresiko untuk keselamatan peserta didik dan tenaga pengajar. Setelah dapat informasi dari pihak dinas, Kalau SDN Muara baru 1 yang kemarin ambruk sudah dapat alokasi anggaran rehab dari CSR. Saya langsung koordinasi dengan Ketua PGRI Cilamaya wetan terkait sekolah yang rawan ambruk, maka ditunjuklah SDN Tegalwaru 1. Saat di check oleh tim, benar saja atapnya sudah rapuh dan bangunan sudah tidak di gunakan lagi untuk proses belajar, maka, saya cepat putuskan reposisi salah satu pokir saya untuk urgensi merenovasi atap bangunan SDN Tegalwaru 1 ini, " Kata Rizka Restu Amalia kepada pelitakarawang.com, Selasa (8/11/2022).

Semula, sebut Rizka, ia mau alokasikan untuk perbaikan SDN Muarabaru 1 yang ambruk, tapi Alhamdulillah, dirinya dapati kabar bahwa bangunan itu sudah di cover CSR setelah kunjungan Wabup dan Kadisdikpora ke lokasi. 
Karenanya, proses pembangunan rehabilitasi gedung SDN Tegalwaru 1 ini, akan di pos kan di anggaran perubahan sesegera mungkin, artinya kalau kesiapan administrasinya sudah beres, ia meminta pihak Disdikpora untuk intruksikan pelaksanaannya agar segera mulai pembangunan.

"Saya mendorong agar Dinas segera instruksikan pelaksanaannnya, karena di cilamaya Wetan ini sudah sering hujan, jadi khawatir keburu ambruk seperti SD lainnya, " Ungkap Rizka.

Sementara itu, di konfirmasi Kepala SDN Tegalwaru 1, Ade Fatimah S.pd mengapresiasi upaya cepat DPRD Karawang yang hendak merehabilitasi bangunan sekolahnya yang terancam ambruk. Sebab, selama hampir 6 bulan terakhir, satu kelas diantaranya sudah tidak lagi di huni untuk proses belajar mengajar, sementara dua ruang kelas lainnya juga sudah sangat memprihatikan materialnya. Memang sebut Ade, sekolahnya seperti nampak kokoh dan bagus saat nampak di pinggiran jalan Cikalong - Karasak, tetapi kalau detail lebih dalam masuk, banyak bangunan yang justru terancam rusak dan ambruk, bahkan yang terparah adalah bekas kelas 2 yang saat ini semua plafonnya sudah berjatuhan dan tinggal menunggu ambruk.

"Kami dari pihak sekolah berharap realisasi rehabilitasi itu cepat terwujud segera, karena memang sudah tepat dan urgen di garap tahun ini juga, " Pungkasnya. (Rd)

Komentar0