Sebelum ditemukan meninggal dunia dalam keadaan telah membusuk, satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, diduga hendak pindah rumah.

Sebelum keluarga ini (ditemukan tewas), ternyata sudah mengepak-ngepak barang untuk pindah,' ujar Kapolres Metro Jakarta Barat.

"Sebelum keluarga ini (ditemukan tewas), ternyata sudah mengepak-ngepak barang untuk pindah," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce dalam konferensi pers di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jumat (11/11/2022).

Menurut Ketua RT 007 RW 015 Kalideres, Asiung, asisten rumah tangganya sempat melihat korban mengeluarkan sejumlah perabotan dari dalam rumah ke mobil boks.

"Kurang lebih 5 September 2022, asisten rumah tangga saya melihat itu ada mobil boks, lalu mengeluarkan barang-barang seperti AC dan lemari es," kata Asiung di Blok AC 5, Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jumat.

Asiung pun menduga penghuni rumah tersebut akan pindah rumah. Namun, saat Asiung bertanya, salah satu korban bernama Dian membantahnya.

"Saya tanya, 'Kamu rumahnya sudah mau dijual?' Dijawab, 'Tidak, Om,' begitu," kenang Asiung.

Sementara itu, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar mengatakan, saat olah tempat kejadian perkara pada Kamis malam, ia melihat sejumlah barang sudah dimasukkan ke dalam kardus.

"Jadi di dalam rumah itu, banyak barang-barang yang dimasukin ke dalam kardus, diikat juga. Barang-barang kayak orang mau pindah," kata Syafri saat dihubungi, Jumat.

"Lampu juga banyak yang dicopot. Kayaknya sudah dicopot dari lama. Mungkin sebelum ngomong ke PLN (untuk diputus aliran listriknya), sudah dicopot bohlamnya," lanjut dia.

Selain itu, Syafri juga melihat perabotan seperti kulkas tidak berisi makanan.

Adapun keempat mayat yang ditemukan membusuk di rumah itu merupakan satu keluarga, terdiri dari suami, istri, anak, dan ipar.

Jasad suami diketahui bernama Rudyanto Gunawan (71), sedangkan sang istri bernama K Margaretha Gunawan (58).

Anak perempuan dari keduanya yang juga ditemukan tewas bernama Dian (40). Jasad satu lagi diketahui bernama Budyanto Gunawan (69), ipar dari Rudyanto.

Keempat jasad ditemukan di ruangan terpisah di dalam rumah di Perumahan Citra Garden, Kamis (10/11/2022) malam.

Penemuan jasad berawal dari warga yang mendobrak rumah secara paksa lantaran mencium bau busuk selama sepekan terakhir.

Para korban dikenal warga sebagai keluarga yang tertutup dan jarang bersosialisasi meski sudah sekitar 20 tahun tinggal di sana.(*)


Sumber : Kompas