Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin, mendesak Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera mendistribusikan Set Top Box (STB) secara gratis kepada masyarakat. Hal itu disampaikan seiring telah resmi dihentikannya siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) oleh Kemeninfo dengan tujuan migrasi ke siaran digital pada 2 November 2022 di wilayah Jabodetabek.

“Yang terpenting dalam ASO ini, pemerintah lewat Kemenkominfo harus mampu mendistribusikan STB kepada masyarakat yang membutuhkan dengan tepat sasaran. Jangan sampai rumah tangga yang benar-benar tidak mampu malah terlewat dalam pembagian STB gratis tersebut,” ujar Nurul, Kamis (3/11/2022). Dikatakannya migrasi siaran TV anlog ke TV digital ini akan mencakup wilayah yang ekosistem siaran digitalnya sudah siap, termasuk 14 Kabupaten/ Kota di Jabodetabek.


Menurut Anggota Fraksi Partai Golkar ini, seluruh masyarakat kurang mampu, terutama yang wilayahnya siaran televisi analog sudah dimatikan, harus dipastikan bisa mengakses siaran televisi digital. “Pemerataan siaran televisi digital yang memuat informasi dan hiburan secara gratis atau tidak berbayar harus bisa merata dan menjangkau seluruh lapisan,” katanya.

 

Diharapkannya sistem siaran digital ini juga harus mengakhiri persoalan blank spot di Tanah Air. Pasalnya Pemerintah juga telah menyediakan anggaran untuk mendistribusikan bantuan STB gratis kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) secara nasional sekitar 1.055.360 unit STB. 

Foto : Nurul Arifin

 

Dimana untuk wilayah Jabodetabek sendiri saat ini telah didistribusikan sebanyak 473.308 unit STB dari target 479.307 unit STB. “Karena ada keharusan bagi pemerintah untuk membantu STB bagi masyarakat agar bisa mengakses siaran digital,” pungkas anggota DPR dari Dapil Jawa Barat I ini. (aha)