×

Iklan

Indeks Berita

Waspada Bagi Pemilik Rekening Bank, Lagi Merajalela Penipuan online" Spoofing"

18 Nov 2022 | Jumat, November 18, 2022 WIB Last Updated 2022-11-18T06:06:29Z
Pernahkah sobatkom mendapatkan pesan tiba-tiba memenangkan atau mendapat doorprize dari suatu bank? yang padahal Anda tidak pernah mengikuti program doorprize tersebut.(18/11/22).


Sobatkom jangan langsung tergiur ya, bisa jadi itu adalah modus penipuan online. Terlebih jika sobatkom dimintai data-data pribadi atau dana sebagai syarat pengiriman hadiah yang dimaksudkan.

Karena Bank atau perusahaan ternama sangat tidak mungkin untuk menanyakan detail pribadi Anda melalui SMS.

Jadi, jangan berikan kepada pihak siapapun yang meminta Anda untuk memberikan detail informasi pribadi melalui SMS.

Penipuan online semacam ini dinamakan Spoofing, Modus kejahatan ini ada berbagai macam seperti melalui email, Telepon, Website, dan DNS.

Oleh karenanya, Sobatkom harus tetap waspada. Berhati-hati Ketika menerima email yang mengandung link, Periksa atau cek alamat email pengirim. Jika From dan reply To berbeda dengan Envelope, maka kemungkinan besar itu adalah email spoofing. Pelaku biasanya akan mendaftarkan domain palsu yang terlihat sangat mirip dengan yang sah.

Jika anda telah mengklik link yang merupakan email spoofing, Tanpa disadari link yang Anda klik mengandung malware yang dapat menyusup ke perangkat Anda. Misalnya komputer atau handphone. lalu mengancam sistem keamanan ataupun data penting di dalamnya.

Sebaiknya abaikan saja pesan yang mengandung link yang sumbernya tidak jelas, atau verifikasi terlebih dahulu dengan pihak yang bersangkutan.

Kabar ini disampaikan Dinas Kominfo Kabupaten Karawang (rls).

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS