×

Iklan

Indeks Berita

5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, Awas Peringkat Pertama Jangan Kaget!

9 Des 2022 | Jumat, Desember 09, 2022 WIB Last Updated 2022-12-09T10:56:21Z

Sebagian orang mungkin bermimpi ingin tinggal di negara dengan biaya hidup sangat murah. Ternyata memang ada negara dengan biaya hidup termurah, mulai dari tempat tinggal, hingga biaya pengeluaran untuk makan.

Dikutip dari Wealthygorilla, negara Indonesia menjadi negara termurah untuk jadi tempat tinggal. Ingin tahu negara apa saja dengan biaya termurah? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Indonesia

Negara termurah pertama jatuh kepada negara Republik Indonesia (RI) dengan biaya perbulan USD 340. Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik yakni bertempat di Asia Tenggara.

Rumah bagi sekitar 17.000 pulau, ini adalah negara pulau terbesar di dunia dan memiliki total populasi 270 juta orang, yang juga menjadikannya negara terpadat ke-4 di dunia.

Ada tempat-tempat tertentu di Indonesia, seperti Bali dan Jakarta yang harganya lebih sebanding dengan kota-kota besar barat lainnya di seluruh dunia.

Namun, tempat-tempat seperti Senggigi di Lombok, dapat memberi Anda akomodasi dan biaya hidup hanya USD 340 per bulan.

Anda ingin bertempat tinggal hanya membayar sekitar USD 142 per bulan untuk apartemen studio satu kamar tidur, atau USD 12 per malam untuk hotel. Indonesia adalah negara termurah untuk hidup di dunia.

2. Bolivia

Negara kedua yang termurah yakni Bolivia dengan biaya perbulan USD 431. Bolivia adalah negara yang terkurung daratan, terletak di bagian barat Amerika Selatan.

Populasinya saat ini sekitar 11,05 juta orang yang tinggal di area seluas 1.098.581 km persegi.

Ibu kota Bolivia adalah Sucre, dan Bolivia terdiri dari masyarakat multietnis, termasuk, Indian Amerika, Afrika, Asia, Eropa, dan Mestizos. Bolivia adalah negara terbesar kelima di Amerika Selatan dan negara terbesar ke-27 di dunia.

Bagi Anda yang berbicara bahasa Spanyol, Anda akan senang mengetahui bahwa bahasa Spanyol adalah bahasa resmi dan dominan di Bolivia. Namun, ada juga tiga puluh enam bahasa pribumi lainnya yang digunakan di negara tersebut.

Apartemen studio satu kamar tidur di La Paz, salah satu kota termurah di Bolivia, akan dikenakan biaya sekitar USD 145 per bulan, atau USD 23 per malam di Airbnb.

3. Nepal

Selanjutnya, negara termurah ketiga yakni Nepal dengan biaya perbulan USD 450 yang menembus angka USD 500 per bulan adalah Nepal.
Foto ilustrasi : Kota Nepal

Nepal merupakan negara termurah ketiga untuk ditinggali di seluruh dunia. Nepal terletak di Asia Tenggara, terutama di Himalaya, tetapi juga termasuk sebagian di Dataran Indo-Gangga.

Negara ini memiliki total populasi saat ini 29,3 juta orang yang tinggal di seluruh daratan seluas 147.181 km persegi.

Berbatasan dengan Cina dan India, Nepal adalah negara dengan populasi terbesar keempat puluh delapan dan negara terbesar kesembilan puluh tiga berdasarkan wilayah di dunia.

Dengan USD 164 akan memberi Anda apartemen studio satu kamar tidur di salah satu kota termurah di Nepal, Pokhara atau Anda akan menghabiskan sekitar USD 23 per malam di Airbnb.


4. Vietnam

Negara keempat termurah yakni Vietnam dengan biaya perbulan USD 500 .Vietnam akan dikenakan biaya USD 500 untuk tinggal selama sebulan penuh, karena sejauh ini Vietnam adalah salah satu negara termurah di dunia.

Ini adalah negara paling timur di Semenanjung Indocina Asia Tenggara dan berbatasan dengan Cina, Laos, dan Kamboja.

Vietnam memiliki sekitar 95,5 juta orang yang tinggal di total 331.212 km persegei. Ibu kotanya adalah Hanoi, tetapi kota Ho Chi Minh adalah kota terpadatnya.

Saat memilih tempat menginap di Vietnam, kota termurah, Nah Trang, akan dikenakan biaya sekitar USD 259 per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di kota, atau USD 24 per malam di Airbnb.

Semua kebutuhan Anda yang lain seperti makanan, bir, dan kopi akan berharga sekitar USD 0,58 untuk kopi, USD 0,86 untuk bir, dan USD 1,73 untuk makan di luar.

Ada banyak hal murah yang dapat dilakukan untuk membuat Anda sibuk di Vietnam, dan setelah Anda tinggal di sana untuk sementara waktu, seperti kebanyakan tempat di daftar, Anda mungkin akan dapat menemukan akomodasi dan aktivitas yang lebih murah.

5. Argentina

Negara kelima yang termurah untuk ditinggali adalah Argentina dengan biaya perbulan USD 542. Hanya dengan USD 542 sebulan bisa mendapatkan akomodasi satu orang dan biaya hidup selama sebulan penuh di salah satu kota termurah di Argentina, Salta.

Argentina adalah negara berbahasa Spanyol lainnya, yang terletak di bagian selatan Amerika Selatan. Berbatasan dengan Chili, Bolivia, Paraguay, Brasil, Uruguay, Samudra Atlantik Selatan, dan Jalur Drake.

Argentina adalah negara terbesar kedelapan di dunia dan terbesar kedua setelah Brazil, dengan total populasi lebih dari 44 juta orang dan meliputi wilayah daratan seluas 2.780, 400 km persegi.

Jika Anda mempertimbangkan untuk tinggal di Argentina, karena ini adalah salah satu negara termurah di dunia, maka Anda akan senang mengetahui bahwa Anda bisa mendapatkan apartemen satu kamar seharga USD 100 sebulan, atau kira-kira USD 27 semalam tergantung pada waktu dalam setahun. Ini akan berlokasi di kota Salta.(**)


Sumber : Merdeka

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS