Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Selatan, kunjungi markas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Selasa (27/12/2022).

Foto : DPRD Kota Tangerang Selatan Saat si Markas BPBD Karawang

Mereka, menggali lebih detail soal kesigapan BPBD Karawang respon cepat kebencanaan baik di daerah maupun luar daerah.

"Iya, mereka kunker tentang penanganan bencana di kabupaten karawang, " Kata
Kabid Darurat dan Logistik BPBD Karawang, Ferry Muharam, Selasa (27/12/2022). 

Selain itu, ia sampaikan bahwa dalam penanganan bencana gempa di Cianjur, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui BPBD, juga aktif cepat mengirimkan bantuan, selain personil untuk membantu melakukan evakuasi korban dan membantu pendistribusian logistik, pihaknya juga kirim bantuan personil medis yang dikoordinatori oleh Dinas Kesehatan kabupaten Karawang. 

"Tentunya, selain bantuan personil pemerintah kabupaten Karawang  melalui BPBD mengirimkan bantuan berupa peralatan berupa pendirian tenda pengungsi yang dipergunakan untuk Pusdalops/pusdatin di depan kantor BPBD Kabupaten Cianjur,  juga mendirikan tenda untuk  dipergunakan sebagai pos kesehatan di daerah Pacet, " Katanya.

Lebih dari itu, sambung Ferry, ia sampaikan bahwa, reaksi cepat bantuan selalu mendapat perhatian khusus dari beragam komunitas di Karawang untuk kebencanaan, bahkan Alhamdulillah ASN pemerintah Karawang juga melakukan donasi peduli korban Gempa Cianjur secara serentak dan kepedulian bantuan dari CSR perusahaan-perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Karawang maupun dari lembaga swadaya masyarakat, organisasi sosial masyarakat kabupaten karawang, yang mana bantuan tersebut sambung Ferry, di koordinator oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Karawang. 

"Bantuan donasi ASN maupun donasi dan logistik yang bersumber dari CSR tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati karawang dan dikirimkan langsung ke Posko induk yang berlokasi di komplek Pendopo Kabupaten Cianjur, " Katanya.

Di hadapan para Dewan Tangsel juga, ia sampaikan bahwa terkait penanganan bencana banjir di Kabupaten karawang  khususnya di Desa Karang ligar Kecamatan Telukjambe barat, penanganan bencana di desa tersebut pemkab sudah berupaya menawarkan relokasi pada warga setempat yang mana hal itu masih dalam proses negosiasi dan mudah-mudahan bisa segera terealisasi untuk menghindari potensi bencana banjir tahunan yang selalu menghempas di desa tersebut. 

"Tangani banjir memang tak mudah, khususnya di Desa Karangligar. Tapi, kebijakan Pemkab melalui Bupati adalah relokasi, meskipun masih dalam tahap negosiasi, " Pungkasnya. (rd)