Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menyerahkan beasiswa Karawang Cerdas (Kacer) Tahun Anggaran 2022 kepada ribuan siswa mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di STMIK Rosma.
Beasiswa Kacer Diserahkan, Bupati Karawang Ingin Cetak Generasi Cerdas Berbudi Pekerti


Didampingi Pimpinan Cabang BJB Karawang Maman Rukmana, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Diskdikpora) Asep Junaedi, Ketua STMIK Rosma Lina Setiani dan Kabag Kesra Setda Karawang Rohmana Setiansyah menyerahkan secara simbolis beasiswa tersebut kepada para siswa.

Teh Celli menjelaskan, Karawang Cerdas atau Kacer merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang yang bertujuan memberikan fasilitas berupa bantuan dan kemudahan peserta didik jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

"Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kami memberikan beasiswa Karawang Cerdas kepada 12.545 orang. Dengan rincian untuk siswa SD atau yang orangtuanya meninggal karena Covid 40 orang, SLTP 277 orang, SLTA 10.737 orang dan Perguruan Tinggi 1.491 orang," katanya.

Beasiswa Kacer Diserahkan, Bupati Karawang Ingin Cetak Generasi Cerdas Berbudi Pekerti

Beasiswa ini, lanjut Teh Celli, telah dianggarkan Rp20 miliar untuk tahun 2022 ini oleh Pemkab Karawang. Dengan alokasi untuk siswa SD hingga SMA Rp 1 juta rupiah, untuk perguruan tinggi Rp 6 juta rupiah.

"Dananya langsung ditransfer masuk ke rekening masing-masing tanpa ada pungutan atau potongan apapun," sambungnya.

Menurutnya, pihaknya meyakini bahwa program ini menjadi ikhtiar Pemkab Karawang untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

"Saya berharap, semoga dengan beasiswa ini anak-anak kita tak hanya tumbuh dan berkembang secara kapasitas intelektualnya, namun juga yang paling penting ialah menjelma menjadi anak2 yang berkepribadian baik, memiliki adab dan kesantunan. Sebab itulah tujuan utama pendidikan yang luhur dan agung," ungkapnya. (Jn)