Pelumas alami vagina sebagian besar dibentuk oleh hormon estrogen. Hormon tersebut berperan penting dalam hubungan seksual dan menjaga kesehatan kewanitaan.

Foto ilustrasi

Jika hormon tersebut berkurang, jaringan vagina menjadi tipis, rapuh, dan kering sehingga hubungan seks terasa tidak nyaman. Penyebab lain dari vagina kering adalah kemoterapi, menopause, pasca melahirkan, pemakaian kontrasepsi, obat jerawat, serta gangguan autoimun.

Untuk mengatasi hal tersebut, para wanita berburu pelumas konvensional yang umum dijual di pasaran. Namun, beberapa kandungan yang tidak cocok pada setiap individu menyebabkan kekeringan vagina memburuk. Sebagai gantinya, beberapa vitamin ini bisa mem-boost cairan alami keluar dari vagina dikutip dari Insider:

1. Vitamin A

Vitamin ini penting untuk menjaga selaput lendir yang melapisi vagina. Dampaknya, vagina akan lebih lembab karena produksi kolagen meningkat. Namun, vitamin A yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan hati.

2. Vitamin B

Sistem kekebalan tubuh juga berperan penting dalam menjaga kesehatan vagina. Dengan vitamin B kompleks, imun tubuh meningkat dan mengurangi risiko depresi penyebab gangguan hormon. Vitamin ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan, seperti ikan, kentang, atau pisang.

3. Beta Karoten

Beta karoten adalah zat pembentuk vitamin dalam tubuh, terutama vitamin A. Seperti dijelaskan sebelumnya, vitamin A efektif mencegah kekeringan pada vagina.

Selain suplemen, deretan makanan ini mengandung beta karoten yang tinggi, misalnya:

  • Sayuran hijau
  • Ubi jalar
  • Brokoli
  • Melon
  • Labu (dtk)