Pemain Timnas Indonesia
Tim nasional Indonesia mengawali kiprahnya di Piala AFF 2022 dengan memenangkan laga Grup A melawan Kamboja dengan skor 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat.
Pemain Timnas Indonesia

Dua gol Indonesia diciptakan oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Sementara Kamboja sempat menyamakan kedudukan 1-1 melalui Saret Krya.

Pada pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menggunakan formasi 4-2-3-1. Dia menurunkan deretan para pemain andalan termasuk Egy Maulana, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Marc Klok dan Fachruddin Aryanto.


Bek tengah naturalisasi Jordi Amat juga bermain dari menit pertama dan itu menjadi debutnya di timnas Indonesia.

Dengan komposisi demikian, skuad berjuluk "Garuda" menguasai pertandingan mulai awal. Indonesia bahkan membuat gol pada menit kedua melalui Egy Maulana, tetapi dianulir wasit lantaran "offside".

Terus menyerang, Indonesia mencetak gol pembuka pada menit ketujuh melalui sepakan Egy. Egy memanfaatkan umpan silang dari Pratama Arhan.
Pemain Timnas Indonesia Duel dengan pemain Kamboja

Tujuh menit kemudian, giliran Witan Sulaeman yang melepaskan sepakan. Akan tetapi, bola membentur tiang gawang.

Kiper Indonesia Nadeo Argawinata melakukan penyelamatan pada menit ke-15 dari percobaan Kamboja Sien Chanthea. Tak sampai beberapa detik setelahnya, Kamboja mampu menyamakan skor melalui sundulan Saret Krya. Kejutan dari Kamboja membuat timnas Indonesia tersengat. Mengandalkan aliran bola dari sisi sayap, Indonesia mampu kembali menjadi yang terdepan setelah Witan Sulaeman melesakkan bola ke dalam gawang dengan kaki kirinya pada menit ke-35.

Pemain timnas rayakan gol ke dua

Tidak ada gol lain yang hadir usai upaya Witan tersebut. Indonesia memimpin 2-1 saat turun minum.

Usai jeda, Shin memasukkan beberapa pemain dari bangku cadangan seperti Ilija Spasojevic, Saddil Ramdani dan Yakob Sayuri. Dia menarik keluar Muhammad Rafli, Egy Maulana dan Pratama Arhan.

Hasilnya, Indonesia kesulitan membongkar pertahanan rapat yang dibangun Kamboja. Pada menit ke-49, Witan sempat mempunyai peluang emas, tetapi dia gagal memasukkan bola ke gawang yang sudah ditinggalkan kiper.

Setelah itu, nyaris tidak ada kesempatan berbahaya yang dimiliki Indonesia. Kedua tim mencoba menambah gol, tetapi skor tetap 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Sementara itu pada pertandingan lainnya di Grup A, Filipina sukses membantai Brunei Darussalam dengan skor 5-1 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (23/12). Kemenangan ini membuat Filipina naik ke peringkat kedua klasemen Grup A dengan torehan tiga poin dari dua pertandingan yang dilakoni.

Kini posisi puncak klasemen Grup A masih dikuasai oleh Thailand usai menang 5-0 atas Brunei di laga perdana pada Selasa (20/12) lalu.

Klasemen Piala AFF 2022
Grup A
1. Thailand 3 poin
2. Filipina 3
3. Indonesia 3
4. Kamboja 3
5. Brunei 0


Grup B
1. Vietnam 3
2. Malaysia 3
3. Singapura 0
4. Myanmar 0
5. Laos 0