Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Suntana mengimbau para pengemudi memastikan kendaraannya laik jalan sebelum berangkat mudik Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, mengingat tantangan lalu lintas cukup padat.
Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Suntana

Irjen Pol Suntana saat meninjau lalu lintas dalam rangka Operasi Lilin Lodaya 2022 jelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, mengatakan arus mudik maupun arus kunjungan ke tempat-tempat wisata mulai padat.

"Data dari PHRI Kabupaten Bogor, konfirmasi dari Kapolres Bogor, bahwa Jumat ini sudah mengalami kepadatan. Bisa dilihat sudah mulai kepadatan (lalu lintas kendaraan) dan tempat hotel itu sudah dipesan hampir 90 persen begitu juga tahun baru," katanya.

Irjen Pol Suntana pun menyampaikan kepolisian mengajak media massa dapat turut serta mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan liburan, memastikan kendaraannya sehat dan laik untuk jalan mulai dari rem, minyak, oli, lampu sen.

Selain kendaraan laik jalan, pengemudi pun diimbau diharapkan dapat dipastikan sehat agar dapat mengendarai dengan baik, mematuhi aturan lalu lintas dan menghindari kecelakaan.

"Khusus di jalan tol atau arah puncak, kalau capek, lelah, tolong tidak memaksakan mengemudi. Silakan datang ke rest area. Kepada masyarakat Jawa Barat, khusus Bogor dan dimanapun berada, mari kita sambut dengan kegembiraan, dengan rasa bahagia," katanya.

Terakhir, kata dia, warga Jawa Barat diajak memberi sikap ramah sesuai dengan budaya Sunda kepada para wisatawan yang datang.

"Orang Sunda kan terkenal ramah-ramah ya, sehingga tamu kita nyaman untuk liburan ke daerah Jawa Barat," ujarnya. Atas prediksi kepadatan lalu lintas di Puncak Bogor, Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, akan menutup total kendaraan ke jalur tersebut selama malam Tahun Baru, yakni sejak Sabtu (31/12) pukul 18.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

Pemberlakuan malam tanpa kendaraan bermotor di Jalur Puncak berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk sepeda motor. Penutupan dilakukan di pintu keluar Tol Gadog, Simpang Gadog, dan Puncak Pas.

 Sebelumnya, Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap kendaraan di Jalur Puncak, Bogor, selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Ganjil genap kita terapkan untuk mobil dan sepeda motor," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata di Kabupaten Bogor, Jumat.

Sistem ganjil genap, kata dia, mulai diberlakukan pada Jumat (23/12) pukul 15.00 WIB hingga Minggu (25/12) pukul 24.00 WIB. Kemudian akan dilanjutkan pekan depan dengan waktu yang sama pada Jumat (30/12) hingga Minggu, 1 Januari 2023.

Dicky menyebutkan bahwa pemberlakuan sistem ganjil genap di Jalur Puncak sudah diatur melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 84 tahun 2021.

Namun, ketika arus lalu lintas di jalur tersebut tetap padat, maka kepolisian akan mengombinasikan pemberlakuan sistem ganjil genap dengan sistem satu arah ("one way").

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menyebutkan bahwa sebanyak 2.500 personel gabungan dilibatkan untuk pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 mulai dari 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023," kata Iman.

Ia menyebutkan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) sepakat menempatkan 2.500 personel di 15 posko pengamanan yang lokasinya di pusat-pusat keramaian.

"Pengamanan yang nantinya akan disebar di berbagai titik lokasi, seperti gereja, lokasi wisata, mal, dan pusat keramaian lainnya," ujar dia.

Iman memaparkan Posko Utama Operasi Lilin Lodaya 2022, yaitu di Mako Polres Bogor,  Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung, dan Parungpanjang.


Sumber: Antara