Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi terhadap sejumlah Pejabat Utama Mabes Polri.


Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Wajah baru akan mengisi jabatan Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Kapuslabfor) dan Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri.


Kapolri menempatkan Brigjen Agus Budiharta yang tadinya mengisi jabatan Kapuslabfor Bareskrim Polri menjadi Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Posisi Kapuslabfor diganti Kombes Haris Aksara yang sebelumnya menjabat sebagai Sespuslabfor Polri.


Lewat penunjukan tersebut, Haris mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Brigjen.


Mutasi besar-besaran tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2774/XII/KEP./2022 hingga ST/2777/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.


Kabar mutasi tersebut juga dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dedi mengatakan mutasi tersebut merupakan hal yang lumrah bagi Polri.


"Iya benar. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (24/12).


Selain itu, Kapolri menunjuk Brigjen Viktor Theodorus Sihombing yang sebelumnya menjabat sebagai Karokermaluhkum Divkum Polri menjadi Kadivkum Polri.


Viktor ditunjuk menggantikan posisi Brigjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang dimutasikan sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun.


Dalam surat telegram yang sama, Kapolri melakukan rotasi mulai dari tingkat Perwira Menengah berpangkat AKBP hingga Perwira Tinggi Komisaris Jenderal (Komjen). Mutasi tersebut terjadi tingkat Polres, Polda hingga pejabat utama Mabes Polri.


Sejumlah Pati Polri yang dimutasi tersebut di antaranya merupakan Kapolda Bengkulu Irjen Agung Wicaksono yang digantikan Irjen Armed Wijaya. Irjen Agung Wicaksono dimutasi sebagai Pati Polda Bengkulu dalam rangka pensiun. Sementara, Irjen Armed Wijaya sebelumnya bertugas di Kemenko Polhukam.


Kapolri juga memutasi Kapolda Kepulauan Riau Irjen Aris Budiman menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri. Posisi Kapolda Kepri lalu diisi Brigjen Tabana Bangun yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepri.


Kabar mutasi tersebut juga dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dedi mengatakan mutasi tersebut merupakan hal yang lumrah bagi Polri.


"Iya benar. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (24/12).


Dalam surat telegram tersebut, Kapolri melakukan rotasi mulai dari tingkat Perwira Menengah berpangkat AKBP hingga Perwira Tinggi Komisaris Jenderal (Komjen). Mutasi tersebut terjadi tingkat Polres, Polda hingga pejabat utama Mabes Polri.


Sejumlah Pati Polri yang dimutasi tersebut di antaranya merupakan Kapolda Bengkulu Irjen Agung Wicaksono yang digantikan Irjen Armed Wijaya.


Irjen Agung Wicaksono dimutasi sebagai Pati Polda Bengkulu dalam rangka pensiun. Sementara, Irjen Armed Wijaya sebelumnya bertugas di Kemenko Polhukam.


Kapolri juga memutasi Kapolda Kepulauan Riau Irjen Aris Budiman menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri.


Posisi Kapolda Kepri lalu diisi Brigjen Tabana Bangun yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepri.(cnn)