BKKBN Provinsi Jawa Barat melaksanakan Road Show Mupen Racing 5.0 sebagai advokasi percepatan penurunan stunting melalui media lini bawah. 
Kali ini, rute Mupen Racing start dari Kabupaten Subang kemudian melintasi Kabupaten Purwakarta dan Finish di Kabupaten Karawang. 
Foto : Karawang Tuan Rumah Mupen Racing 5.0 BKKBN Jawa Barat

Bertajuk 'Seribu Kilometer Promosi Seribu HPK', puncak acara tersebut diisi dengan hiburan Pagelaran Wayang Golek di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. 

Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Wahidin dalam laporannya menyebut bahwa Mupen KB Roadshow ini dilakukan oleh perwakilan 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. 

“Harapannya dengan on the road sampai ke Kerawang ini, dan singgah di titik-titik tertentu untuk kampanye penurunan stunting itu bisa optimal, sehingga di Jawa Barat maksimal angka stunting bisa di 14 persen di tahun 2024,” ujar Wahidin, Jumat, (16/12) malam. 

Kepala DPPKB Karawang, Hj Sofiah menambahkan, selain sebagai upaya kampanye penurunan stunting. Kegiatan Mupen Racing ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi OPD KB se-Jawa Barat. 

"Kegiatan ini mengisi ceruk kosong dari sosialisasi dan edukasi melalui media sosial dan media cetak serta elektronik yang sudah dilakukan BKKBN Jawa Barat," jelasnya. 
Foto : Karawang Tuan Rumah Mupen Racing 5.0 BKKBN Jawa Barat

Dalam laporannya Sofiah mengatakan, selama dua tahun berjalan angka stunting di Karawang berhasil turun. Berdasarkan data EPPGBM tahun 2021 presentase stunting di Karawang mencapai 2,7 persen. Saat ini angkanya turun menjadi 1,69 persen. Sedangkan berdasarkan data survey SSGI tahun 2021 lalu mencapai 20,6 persen. Dan saat ini angkanya turun menjadi 12,3 persen. 

"Penurunan angka stunting di Karawang berkat dukungan program dari BKKBN Jawa Barat," tegasnya. (Rd)