Jelang pembagian raport Penilaian Akhir Semester (PAS), SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang unjuk kreasi seni tari, pameran hasta karya, fashion show hingga pasar kuliner tradisional di halaman sekolah, Kamis (22/12/2022). Kegiatan itu, di kemas dalam rangka 'Gelar Karya' Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kategori 'gaya hidup berkelanjutan' dalam kurikulum merdeka. 

Mengambil tema "Gaya Hidup Ke Kinian untuk Lingkungan Hidup yang Lestari" para siswa sekolah penggerak di Lemahabang itu, bersuka cita unjuk inovasi dan karya dihadapan para guru, komite dan para orangtua/wali murid.

Foto : Kegiatan Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang Wadas

Ketua pelaksana Gelar Karya P5 SDN Ciwaringin 3, Nelita Anggraini S.pd mengajarkan, kegiatan gelar karya P5 ini, di tampilkan maksimal para siswa di hadapan orangtua/wali dan para guru serta undangan, yang meliputi pentas seni tari tradisional, pameran hastakarya hasil siswa, fashion show hingga pasar kuliner tradisional. Pihaknya, sebut Nelita, menghaturkan terimakasih kepada semua wali murid yang sudah sempatkan hadir dalam gelaran karya P5 ini.

Foto : Kegiatan Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang Wadas

"Tentu saja, kesuksesan gelar acara P5 ini adalah berkat dukungan semua guru dan wali murid, tanpa kecuali Ketua Komite dan Kepsek sehingga terselenggara dengan baik. Kami juga  meminta maaf, karena banyak sekali kekurangan, pelayanan dan tempat yang kurang berkenan dan kurang nyaman dirasakan untuk kemeriahan acara ini, " Katanya. 

Misrianto Ketua Komite SDN Ciwaringin 3 mengatakan, pihaknya ucapkan terimakasih atas kerjasama dan kekompakan semua orang tua wali murid dalam mendukung program-program sekolah, salah satunya adalah gelaran program sekolah P5 ini. Mewakili para orangtua/wali murid, ia mengaku berkesan atas upaya pihak sekolah aplikasikan P5 secara langsung, sehingga bisa di nikmati dan dirasakan semua siswa dalam unjuk kebolehan prestasi dan inovasi maupun minat kreatifitasnya. 

"Kamis sangat mendukung kegiatan ini, tak lupa di ucapkan terimakasih kepada bapak ibu orangtua siswa yang sudah kompak, kerjasama dan kemitraan untuk kemajuan sekolah dan putera-puterinya yang menimba ilmu di sekolah ini, " Ungkapnya.

Sementara Kepala SDN Ciwaringin 3, Aisyah Mardiana S.pd mengatakan, dalam kurikulum merdeka, siswa harus memiliki pola pikir yang maju dan kreatif, salah satunya adalah lewat gelaran Gelar Karya P5 ini. Sehingga sebut Ai, muncul ide dan pemikiran kreatif sehingga membanggakan potensi diri dan orang lain. 

Perlu di ketahui, tambahnya sudah hampir setahun SDN Ciwaringin 3 ini jadi sekolah penggerak, namun, betapa para guru dan siswa membuatnya bangga, karena dalam kurun waktu tersebut, para siswa sudah nampak kemampuannya dalam hasilkan karya, baik karya seni tari tradisional, hasta karya, pameran pasar kuliner tradisional maupun prestasi non akademik lainnya.

Foto : Kegiatan Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka SDN Ciwaringin 3 Kecamatan Lemahabang Wadas

"Jadi gelar karya ini, adalah kegiatan Show Up, sebagai pembuktian kepada orangtua akan kreativitas dan karya anak soal segmen disiplin ilmu. Sehingga membuat siswa juga terbangun semangat gotong royong dan keterampilannya. Teruslah berkarya, dan implementasikan sekolah penggerak dengan karya dan inovatif, " Pesannya.

Dalam kegiatan gelar karya tersebut, juga di manfaatkan untuk serah terima penghargaan prestasi siswa SDN Ciwaringin 3, antara lain Juara 2 Voli Putera di SMPN 2 Lemahabang, Juara 2 mewarnai lomba di PGRi Lemahabang, Juara 1 LTUB dan juara guru berprestasi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pengawas Hj Herni Nuraeni S.pd, Rojak S.pd dan Ketua K3S Abdul Qodir serta jajaran Komite sekolah. (Rd)