Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menggelar apel yang dipadukan pada Pengukuhan Satgas Linmas Kabupaten Pasukan Regu Pembantu Keamanan dan Kenyamanan Wilayah Karawang (Prabu Kamanwira) Tahun 2022 di Plaza Pemkab Karawang, Rabu (28/12/2022).

Foto Satgas Karawang

Pengukuhan tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Karawang, H. Aep Saepulloh sekaligus meresmikan Sekretariat Pejabat Penyidik Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kabupaten Karawang.

Wabup menyebut, sebanyak 46 orang Satgas Linmas untuk membantu pengamanan. Menjadi contoh bagi anggota Satlinmas lainnya, dan sigap dalam kebencanaan.

"Kami atas nama pemerintah daerah menitik beratkan bahwa Linmas ini harus memberikan kenyamanan dan keamanan. Bagaimana peran Linmas ini hadir di tengah masyarakat, tentunya setiap aktivitas mampu menciptakan perlindungan bagi masyarakat," ucapnya.
Wakil Bupati Karawang

Ia menambah kan, untuk menunjang kinerja bagi seluruh anggota Linmas sebanyak 3.090 orang, pihaknya memberikan tambahan berupa uang Rp500 ribu yang akan ditransfer ke rekening anggota Linmas Kelurahan setiap bulannya, serta untuk Linmas Desa Rp275 ribu ditambah Rp300 ribu secara cash oleh desa melalui dana desa.

"Pemkab Karawang juga memberikan jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM). Semoga insentif tambahan dan jaminan kerja untuk Linmas ini bisa memberikan semangat tambahan bagi anggota untuk mengabdi kepada masyarakat," ujarnya.

Kemudian, lanjut Wabup, dengan diresmikannya Sekretariat PPNS, diharapkan bisa dioptimalkan tugas dan fungsi atas peran PPNS untuk mencapai indikator utama yang bermuara pada terciptanya ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

"Tentunya besar harapan mudah-mudahan dengan kantor PPNS juga yang hari ini ada prasasti yang sudah diresmikan, mudah-mudahan PPNS juga memberikan nilai-nilai kebermanfaatan bagi warga masyarakat Kabupaten Karawang," ungkapnya. (Jn)