Polda Metro Jaya mengerahkan Tim Penjinak Bom atau Jibom dalam rangka sterilisasi gereja menjelang perayaan Misa Natal malam ini, Sabtu (24/12/2022). Ada sebanyak 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Gereja-gereja tersebut juga kita lakukan pengamanan berikut dengan kekuatan dari Polri, TNI, dan juga masyarakat, dan juga dari pengamanan dalam atau Pamdal kita libatkan. Di samping itu juga sebelum melakukan kegiatan peribadatan, dilakukan juga sterilisasi oleh jibom untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endar Zulpan kepada wartawan.

Menurut Zulpan, Polda Metro Jaya mengerahkan 7.421 personel untuk gelaran Operasi Lilin Jaya 2022. Giat itu mencakup penanganan arus lalu lintas hingga pengamanan peribadatan Natal.
Polda Metro Jaya mengerahkan 7.421 personel untuk gelaran Operasi Lilin Jaya 2022 dalam rangka pengamanan perayaan ibadah Natal.

"Sebelum beribadah (diperiksa tim penjinak bom), kan tiap-tiap gereja itu kan berbeda-beda ya kegiatan Misa Natalnya," jelas dia.

Rencananya, sekitar pukul 20.00 WIB malam ini, jajaran Forkopimda DKI akan melakukan pengecekan di Gereja Katedral Jakarta.

Diketahui dalam proses tersebut akan hadir Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

"Yang saya sampaikan ini yang 7.421 ini kan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Lilin Jaya 2022, jadi mereka fokus untuk kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru. Sekarang Natal dulu nih, ya di tanggal 24 kan, jadi sekarang sasarannya fokus Natal dulu, nanti setelah itu baru tahun baru fokusnya," Zulpan menandaskan.

Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Sekitar Gereja.

Polisi melakukan penjagaan saat penyisiran di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Sterilisasi sejumlah gereja juga untuk memberi rasa aman kepada jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polri turut fokus mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas di sekitaran rumah ibadah, baik gereja ataupun tempat peribadatan terkait untuk Misa Natal malam ini.

"Nanti itu masing-masing wilayah, masing-masing Polda tentu akan melakukan rekayasa lalu lintas ya. Ini untuk memperlancar arus lalu lintas yang berada di sekitar tempat peribadatan, itu nanti dari masing-masing, wilayah yang menentukan," tutur Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan, di Kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (24/12/2022).

Aan mengimbau kepada masyarakat yang akan berangkat ibadah, berpergian wisata, ataupun mudik Nataru untuk tetap waspada ketika meninggalkan rumah.

"Diperiksa kembali rumahnya, kompor gas, listrik, dipastikan dalam keadaan aman. Kemudian kalau meninggalkan rumah lapor ke RT/RW sehingga ada yang mengawasi," jelas dia.

Sumber : Liputan 6