Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama hari ini menggelar Uji Pengetahuan pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan. Giat ini diikuti lebih 14ribu guru madrasah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari berbagai daerah di Indonesia.

“Hari ini, 14.122 guru madrasah dan guru PAI ikuti Uji Pengetahuan PPG  dalam Jabatan,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ahmad Zainul Hamdi saat memantau pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) PPG dalam Jabatan di UIN Sunan Ampel Surabaya, Sabtu (28/1/2023).

Ahmad Zainul Hamdi mengatakan,UP PPG ini digelar serentak di 8 (delapan) Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yaitu: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Alauddin Makassar, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

“UP PPG digelar secara daring. Seluruh peserta mengikutinya dari domisili masing-masing. Para Dosen Pengawas melakukan kerja pemantauan dari kampus LPTK,” sebut pria yang akrab disapa Inung ini.

“Materi yang diujikan meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Kesamaptaan,” lanjutnya.

Kepada Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) serta Tim Pengelola PPG dan seluruh dosen Pengawas, Inung berpesan agar meneguhkan semangat integritas dan profesionalitas. Hal ini dinilai sangat penting agar UP PPG dapat melahirkan tenaga pendidik yang profesional dan berkarakter moderat. 

"Kita semua mengharapkan hasil capaian kelulusan yang maksimal melalui UP PPG kali ini. Ini merupakan UP PPG yang secara perdana didanai dari anggaran kerjasama Kemenag dengan LPDP Kemenkeu RI," tandasnya.

Turut mendampingi dalam pemantauan UP PPG di UIN Surabaya, Kasubbag TU DIktis M. Aziz Hakim dan Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag RI Mustofa Fahmi. (MF)