*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Buka 'Golden Ticket' Bagi Siswa SMK PGRI Telagasari

SMK PGRI Telagasari menjadi sekolah satu-satunya di Karawang yang di beri porsi 'Golden Ticket' untuk berkuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kampus Negeri dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu, memberikan ruang bagi para lulusan SMA dan SMK se Indonesia yang hendak berkuliah di perguruan tingginya itu dengan tanpa tes atau tanpa seleksi saringan masuk lazimnya pendaftar reguler lainnya. 
Foto : Sejumlah Kepala SMK/SMA se Indonesia Saat Hadiri dan Teken Kerjasama Golden Ticket Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens)


Kepala SMK PGRi Telagasari, H Yanyan Sopyan ST mengungkapkan, dirinya di undang langsung civitas akademi dari ITS pekan kemarin bersama sejumlah SMK/SMA lainnya di Jawa Barat, bahkan Indonesia. Kebetulan, SMK PGRI Telagasari ini menjadi satu-satunya sekolah di Karawang yang di undang ke kampus Poltek Elektronika Negeri Surabaya tersebut. Kegiatan yang juga di hadiri Eks Ditjen SMK, Direktur Poltek, Kepala SEAMEO dan Kabid SMK Provinsi Jawa Barat itu, memaparkan peluang golden ticket atau jalur khusus masuk ke perguruan tinggi tersebut tanpa tes ke kampus Politeknik Terbaik ke 5 di Asiatis Bidang Teknik tersebut.

"Saya pernah bercita-cita masuk ITS, sampai seleksi saja dulu gak lulus. Tapi, ini mereka memberikan peluang khusus bagi siswa saya untuk berkuliah di kampus negeri tersebut tanpa tes saringan masuk, alias langsung di terima. Maka, peluang ini harus dimanfaatkan para siswa yang minat melanjutkan ke perguruan tinggi, " Katanya. 

Yanyan menambahkan, sekolahnya ada kompetensi keahlian Teknik Informatika dan Ilmu komunikasi, namun demikian peluang golden ticket ini berlaku bagi semua siswa di semua kompetensi keahlian. Hanya saja, kampus yang menerapkan pembelajaran secara hybrid atau Daring dan Luring ini, di syaratkan siswanya nanti memiliki usaha atau wirausahawan, dimana aktivitas usahanya akan di kawal dan bahkan menjadi guru tamu di Thailand nantinya. 

"Sepanjang lulusan angkatan, belum ada siswa kami yang kuliah ke ITS. Karenanya, momen ini akan kita manfaatkan karena rencananya pihak kampus akan datang secara khusus ke SMK ini nantinya, " Ungkap Yanyan.

Lebih jauh, ia menambahkan peluang golden ticket harus di manfaatkan para siswa, meskipun bukan jalur beasiswa, namun biaya kuliah program diploma 3 dan diploma 4 itu, di banderol dengan harga sangat terjangkau.
Foto : Sejumlah Kepala SMK/SMA se Indonesia Saat Hadiri dan Teken Kerjasama Golden Ticket Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens)

"Semoga, saja nanti siswa yang minat dan berkuliah di sana, bisa sukses lahirkan Programmer, Software engineering, aplikasi pemrograman maupun Analis Pemprograman yang handal, " Harapnya.(rd)