Persija Jakarta sukses lindas PSS Sleman, 2-0, dalam laga tunda pada pekan ke-17 Liga 1, Ahad (8/1/2023) sore WIB. Tampil di Stadion Sultan Agung, Bantul, Persija Jakarta membungkam PSS Sleman via gol yang masing-masing dicetak oleh Riko Simanjutak dan Ginanjar Wahyu.


Foto ilustrasi

Dengan hasil ini, Persija berhasil merangsek ke peringkat keempat klasemen sementara dengan raihan 32 gol dari 16 partai. Sama-sama baru tampil di 16 laga, Macan Kemayoran hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen sementara Liga 1, PSM Makassar.


Sementara buat PSS Sleman, kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat tim besutan Seto Nurdianto itu masih terpuruk di peringkat ke-15 klasemen sementara. Super Elang Jawa hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.


Laga ini merupakan laga tunda, yang sebelumnya digelar di Stadion Manahan, Solo, 23 Desember silam. Saat itu, laga terpaksa dihentikan pada menit ke-47 lantaran hujan lebat yang mengguyur Stadion Manahan.


Persija langsung mengendalikan permainan saat laga tunda ini baru dimulai. Sejumlah peluang emas didapatkan tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Persija berusaha membongkar pertahanan tim berjuluk Laskar Sembada via kecepatan para pemain di sisi lapangan, terutama via aksi Riko Simanjutak. Hingga 10 menit laga, Persija terus mengepung pertahanan PSS.


Kendati begitu, pelatih PSS Seto Nurdianto merespons kondisi tersebut dengan melakukan pergantian pemain pada menit ke-72. Todd Ferre masuk menggantikan Muhamad Fariz dan Riki Dwi Saputra menggantikan Hoky Caraka. Masuknya dua pemain ini pun langsung memberikan kesegaran di lini serang PSS Sleman. Dua peluang emas langsung didapatkan PSS, termasuk lewat dari aksi Riki Dwi Putranto. Lolos dari jebakan offside, Riki tinggal berhadapan dengan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa. Namun, bola hasil sepakan Riki masih bisa dihalau oleh Andritany.


Persija akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-81. Adalah Riko Simanjuntak yang mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Persija mencatatkan keunggulan. Memanfaatkan umpan lambung dari Nico Alfriyanto, Riko menanduk bola dengan melakukan diving header di sisi kanan kotak penalti. Bola pun meluncur deras ke gawang Super ELang Jawa. Riko kembali terlibat pada gol kedua Persija. Berhasil merebut bola di depan kotak penalti, Riko lansung merangsek ke sisi sebelah kiri kotak penalti. Riko kemudian melepaskan sepakan terarah ke sebelah kanan gawang. Bola sebeharnya berhasil dihalau oleh penjaga gawang PSS Sleman, M Ridwan. Namun, Ginanjar Wahyu, yang berada di depan mulut gawang PSS Sleman, sukses menyambar bola hasil halauan Ridwan tersebut. Gol pada menit ke-89 itu pun sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini dan memastikan raihan tiga poin buat Macan Kemayoran. (*)


Daftar Susunan Pemain


PSS Sleman (4-3-3)


Ridwan; Nirwanto, Nur Diansyah, Gusmawan, Rachman; Kurniawan, Ayoub, Pratama; Suryawan, Gaffar, Fariz Pelatih: Seto Nurdianto


Persija Jakarta (3-4-3)


Andrytani; Utomo, Kudela, Hehanusa; Witriawan, Ferarri, Sjahbandi, Fahmi; Behrens, Yusuf, Simanjuntak


Pelatih: Thomas Doll