Subvarian terbaru BF.7 disebutkan menjadi biang kerok lonjakan infeksi Covid-19 di China. Bahkan, subvarian baru ini juga telah terdeteksi di Indonesia.(7/1/23).
Foto ilustrasi

Laporan dari China menunjukkan bahwa BF.7 memiliki kemampuan infeksi terkuat dari subvarian Omicron lainnya di negara tersebut. Subvarian ini juga dilaporkan memiliki masa inkubasi yang lebih pendek.

Ada dua gejala awal yang menandakan seseorang terkena varian omicron. Namun, demam yang kerap jadi gejala umum mereka yang terkena Covid-19 bukan termasuk salah satunya.

Salah satu gejala yang terjadi pada pasien omicron kelelahan. Namun kelelahan yang dirasakan pun bukan lelah biasa namun hingga menyebabkan nyeri pada tubuh seperti nyeri atau lemah otot, sakit kepala, hingga penglihatan kabur dan kehilangan nafsu makan.

Kelelahan juga ternyata jadi gejala utama omicron saat varian muncul di Afrika Selatan. Ini dilaporkan oleh praktisi dan ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, Angelique Coetzee.

Berdasarkan jajak pendapatan WebMD, 40% wanita melaporkan merasa kelelahan karena Covid-19. Angka tersebut berbanding sepertiga dari pria, dikutip dari The Independent.

Zoe Covid juga menemukan gejala kelelahan pada pasien Covid-19. Rasa lelah itu bahkan dilaporkan dapat mempengaruhi aktivitas seseorang dan muncul saat hanya melakukan tugas kecil.

Bukan hanya itu, kelelahan juga membuat pasien sulit berkonsentrasi atau mengingat. Gejala itu biasanya disebutkan sebagai kabut otak. Gejala lainnya yang mungkin dirasakan oleh pasien varian omicron adalah pusing atau pingsan. Hubungan pusing dan Covid-19 ditemukan dalam sebuah laporan dari Jerman.

Dokter di Berlin menemukan Covid-19 memicu gejala pusing berulang pada pasien berusia 35 tahun yang dirawat di rumah sakit. Para dokter menemukan adanya 'hubungan yang jelas' antara infeksi dan pingsan, demikian dilaporkan surat kabar Jerman Arztezeitung.(CNBC)

Berikut daftar gejala yang dilaporkan ZOE Health Study:

1. Sakit tenggorokan

2. Pilek

3. Hidung tersumbat

4. Bersin

5. Batuk tanpa dahak

6. Sakit kepala

7. Batuk berdahak

8. Suara serak

9. Sakit otot dan nyeri

10. Indra penciuman yang berubah