GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

5 Sekolah Kedinasan bagi Lulusan SMK, Apa Saja?

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya dapat melanjutkan studi ke politeknik saja tapi juga perguruan tinggi negeri (PTN). Lalu bagaimana kalau anak SMK yang minat masuk sekolah kedinasan? Apakah ada kampus kedinasan yang menerima lulusan SMK?

Foto ilustrasi: Pelajar sekolah kedinasan

Seperti diketahui sekolah kedinasan merupakan salah satu tempat favorit bagi lulusan sekolah menengah untuk kuliah. Pasalnya beberapa kampus yang berada di bawah kementerian atau lembaga pemerintah ini menjamin lulusannya mendapatkan ikatan dinas sebagai Aparatur Sipil Negara.

5 Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah kedinasan yang satu ini berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Jurusan yang terdapat di STIS antara lain D4 Statistika, D3 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

Sekolah kedinasan ini terbuka bagi lulusan dari IPA, IPS, dan SMK jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Diketahui, pendaftar Politeknik STIS tahun 2022 adalah sebanyak 16.089.

2. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Poltek SSN ada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sekolah kedinasan ini membuka pendaftaran siswa kelas 12 atau lulusan jurusan IPA dari SMA/MA, serta SMK Teknik Elektronika, Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi.

Adapun pendaftar dari Poltek SSN pada tahun 2022 adalah sebanyak 1.303. Jumlah tersebut dapat dijadikan acuan dalam mempersiapkan masuk ke sana.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah kedinasan STMKG berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). STMKG ini membuka kesempatan untuk siswa SMA, MA, dan SMK semua jurusan.

Sebagai informasi persiapan masuk ke STMKG, pada tahun 2022 jumlah pendaftar sekolah kedinasan yang satu ini adalah sebanyak 8.013 orang.

4. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI)

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI Madiun) berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Sekolah kedinasan ini membuka kesempatan untuk lulusan jurusan IPA dari SMA, serta SMK Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Industri, Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Instrumentasi Industri, dan Teknik Geomatika dan Geospasial.

Jumlah pendaftar PPI Madiun pada tahun 2022 adalah sebanyak 2.183 orang.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP Jakarta)

5. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP Jakarta)

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP Jakarta) berada di bawah naungan Ditjen Perhubungan Laut (DJPL). Sekolah kedinasan ini membuka lowongan untuk lulusan SMK berbagai jurusan. Jurusan yang dapat dipilih antara lain adalah D4 Teknika, D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan.(*)

Sumber : detik

Komentar0