Masalah kesuburan pada pria umumnya berhubungan dengan kualitas sperma yang buruk. Kondisi ini juga menandakan penyakit, seperti infeksi atau gangguan hormon. Itu sebabnya, obat alami untuk mengentalkan sperma cukup banyak dicari guna mengatasi masalah tersebut dan dinilai lebih aman.
Foto ilustrasi

Setidaknya satu dari tiga kasus infertilitas atau ketidaksuburan pada pasangan berakar dari pria yang langsung mengeluarkan sperma terlalu encer. Seperti diketahui, sperma sehat seharusnya bertekstur kental setelah ejakulasi, lalu 10-15 menit akan berubah encer dengan sendirinya.

Meskipun kondisi ini tidak selalu bisa disembuhkan, ada sejumlah cara agar pria mendapatkan kembali kesuburannya, salah satunya mengonsumsi makanan tertentu, diet sehat, dan rajin berolahraga.

Obat Alami Untuk Mengentalkan Sperma

Obat Alami Untuk Mengentalkan Sperma

Selain mengonsumsi suplemen atau obat-obatan medis, berikut alternatif jitu agar sperma kembali 'tokcer':

1. Konsumsi Asam D Aspartat

Asam D-aspartat (D-AA) merupakan sejenis asam amino yang kerap dijual sebagai suplemen makanan. Suplemen D-AA dapat meningkatkan kadar testosteron, yaitu hormon reproduksi yang berperan penting dalam kesuburan pria. Namun, suplemen ini tidak begitu efektif pada pria dengan kadar testosteron yang normal hingga tinggi.

2. Asupan Vitamin C dan D yang Cukup

Di samping meningkatkan imunitas, vitamin C dan D berguna meningkatkan kesuburan pada pria. Studi membuktikan motilitas sperma naik 92 persen dan kuantitasnya meningkat lebih 100 persen setelah pria mengonsumsi vitamin C 1000 mg dua kali sehari dalam dua bulan.

Vitamin D sendiri punya faedah untuk meningkatkan fertilitas pria dan wanita dengan mem-boost hormon testosteron. Vitamin ini bisa didapatkan secara alami dari sinar matahari pagi.

3. Hindari Stres

Pikiran yang selalu stres berdampak negatif pada testosteron karena meningkatkan kadar kortisol. Hal ini juga dijelaskan dalam studi yang menunjukkan gairah seks berdampak buruk pada tingkat kesuburan.

4. Penuhi Asupan Zinc

Zinc atau seng merupakan senyawa mineral yang penting diperlukan tubuh. Ada banyak manfaat zinc bagi tubuh, seperti memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Bagi pria sendiri, nutrisi ini bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sperma yang buruk dan menambah kadar testosteron. Selain suplemen, zinc dapat ditemukan secara alami di protein hewani, seperti daging, telur, dan ikan.

5. Rajin Berolahraga

Pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang jarang bergerak. Namun jika dilakukan terlalu sering tanpa memerhatikan aktivitas lain, justru mengganggu keseimbangan hormon seks. Oleh karena itu, berolahraga secukupnya saja sekitar 30 menit selama lima kali dalam seminggu.

6. Suplemen Fenugreek

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum) atau biji kelabat adalah ramuan obat herbal asal mediterania yang dapat mengatasi masalah kesuburan pada pria dan menurunkan gula darah. Bubuk dan suplemennya bisa masyarakat dapatkan secara bebas di apotek. Meski demikian, bijaklah menggunakannya karena dosis yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping.

Kualitas sperma yang buruk dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, penyakit,dan konsumsi obat-obatan tertentu. Namun pada banyak kasus, kondisi ini dipicu oleh gaya hidup tak sehat. Jadi, selain menggunakan obat alami untuk mengentalkan sperma, pria juga perlu konsisten menerapkan diet sehat.(*)


Sumber: detik