*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Cuaca Ekstrem, Kapal Nelayan Sungai Buntu Oleng di Sapu Ombak Buritan

Cuaca masih ekstrem hingga Rabu (22/2/2023) pagi. Sejumlah nelayan di wanti-wanti waspada saat melaut karena ancaman gelombang tinggi dan kecepatan angin, berpotensi membuat kecelakaan lalu lintas di perairan tak terduga. 

Foto : Cuaca Ekstrem, Kapal Nelayan Sungai Buntu Oleng di Muara Perairan Muara Tambaksari

Buktinya, satu perahu yang di kemudikan 4 ABK, oleng tak terkendali saag di hempas ombak dari buritan di perairan Tambaksari Kecamatan Tirtajaya pada Rabu pagi. 

Polisi Khusus Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, sekedar informasi bahwa kondisi cuaca saat ini memang tidak menentu, karenanya para nelayan di harapkan tetap mengutamakan keselamatan pelayaran. Perhatikan Kondisi kapal dan muatan terutama pada saat memasuki alur muara, ini sangat rentan karena dorongan ombak dari buritan berpengaruh terhadap stabilitas kapal. Tetap perhatikan keselamatan dan utamakan saety First.

"Cuaca tak menentu, tetap waspada melaut, utamanya di alur muara yang dorongan ombak dari buritannya mengancam stabilitas kapal, " Katanya.

Lebih jauh Wawan menambahkan, saat memasuki muara, dorongan Ombak dari buritan kapal tidak terkendali, ini pula yang membuat kapal dari Sungaibuntu membawa muatan melimpah sebanyak 2 ton oleng di Muara Tambaksari Kecamatan Tirtajaya. Beruntung, ABK semuanya selamat dan tidak ada yang mengalami luka berat mau pun luka ringan.

"Baik kapal maupun nelayan berhasil di evakuasi dari hempaan gelombang di perairan muara Tambaksari tersebut, " Katanya. (Rd)

Komentar0