Sebanyak 195 siswa kelas XII SMK PGRI 
Telagasari, ikuti seleksi penerimaan karyawan di perusahaan kawasan industri yang di gelar di sekolahnya, Selasa (14/2/2023). 

Foto : Rekrutmen Karyawan Perusahaan, SMK PGRI Telagasari Fasilitasi Tes Saringan Masuk Dunia Industri

Pelaksanaan tes kedua yang di gelar sekolahnya ini, merupakan kerjasama bersama LPK yang mengelola penyerapan tenaga kerja saat mereka lulus nanti.

Foto : Rekrutmen Karyawan Perusahaan, SMK PGRI Telagasari Fasilitasi Tes Saringan Masuk Dunia Industri

"Dari 530 siswa kelas XII, yang ikut seleksi tes saringan masuk dunia kerja sebanyak 195 orang. Semoga mereka lulus seleksinya dan di serap perushaan mitra, karena tes serupa di gelar tahun sebelumnya dan berhasil menjaring 30 persen siswa kelas XII tembus masuk ke dunia industri perusahaan diberbagai kawasan, baik Karawang maupun Cikarang, " Kata Ketua BKK SMK PGRI Telagasari, Mista S.pd.

Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan tes rekrutmen karyawan perusahaan ini, para siswa yang menjadi peserta tes, di bina dengan Bimbingan Belajar (Bimbel) hingga tata cara publik speaking menghadapi tatap muka interview di perusahaan. Sebab, mengisi soal tes yang mayoritas eksak hingga kreplin (hitung deret_red) ini, perlu banyak persiapan agar siswa tidak 'Kagetan' menghadapi soal yang di uji kan, sehingga pembelajaran, pelatihan, psikotes hingga wawasannya terasah matang, apalagi bimbel ini di lakukan secara rutin setiap habis belajar di sekolah dengan tempo waktu 2 kali dalam seminggu.

"Kita matangkan di bimbel, sehingga anak tidak kagetan menghadapi soal. Bahkan, tidak lolos dalam test yang satu, maka bisa ikuti tes-tes berikutnya sehingga lebih terasah matang, " Katanya. 

Mista menambahkan, semua jurusan kompetensi keahlian kelas XII IPA diarahkan ikut serta dalam test, meskipun ada syarat tertentu seperti tinggi badan perempuan minimal 157 cm, dan laki-laki 165 cm, namun tambah Mista, tes untuk serapan tenaga kerja di perusahaan seperti Yamaha, Hitachi dan PT Mardiju misalnya, semua memiliki potensi dan peluang yang sama.

"Jadi kita woro-woro ke setiap kelas XII SMK PGRI Telagasari yang hendak ikut setiap ada peluang pelaksanaan tes masuk perusahaan, kita sangat open, " Katanya.

Ia berharap, jika tahun lalu dari jumlah siswa yang di tes lulus 30 persen, semoga hasil dari tes di tahun ini lebih tinggi lagi persentase masuk ke dunia kerjanya, minimal 50 persen. Bahkan, pihak PT Toyota sendiri memberi peluang bagi 11 SMK di Karawang ikuti tes di Disnaker sebanyak 30 orang ditahun sebelumnya dan di syukurinya berhasil terserap sebanyak 23 orang.

"Semoga semakin tinggi persentase kelulusan siswa dalam tes ini, sehingga ketika lulus, dunia kerja sudah di depan mata mereka, " Pungkasnya. (Rd)