Ekstrakulikuler (ekskul) merupakan kegiatan belajar non formal yang bertujuan mewadahi minat dan bakat siswa di sekolah.
Foto : Siswa Peserta Eskul Jurnalistik SMAN 3 Karawang


Sederet ekskul pun disuguhkan sekolah untuk siswa agar mampu menggali potensi diri. Karena tak jarang, ada saja siswa yang punya prestasi mentereng melalui ekskul.

Seperti hal nya di SMAN 3 Karawang yang baru membentuk ekskul jurnalistik demi mewadahi potensi siswa dalam karya tulis.

Pembina ekskul jurnalistik SMAN 3 Karawang, Iis S.pd menuturkan, ekskul jurnalistik selain untuk mewadahi potensi siswa, juga karena tidak ada yang mengelola media sekolah secara tetap. 

"Dulu itu sudah ada media sekolah, dan siswa yang mengelola terpecah-pecah di OSIS, ICT, RFG. Jadi dibentuklah eksul jurnalistik yang memang lebih sesuai di bidang tersebut," ujarnya saat diwawancarai pada Jum'at, (10/2/2023).

Ia menjelaskan, saat kali pertama ekskul jurnalistik disosialisaikan, para siswa merespons dengan antusias. 
"Cukup banyak yang bertanya jurnalistik itu ngapain. Lalu setelah dijelaskan, satu persatu siswa mengajukan diri untuk bergabung," jelasnya. 

Saat ini para siswa yang tergabung ekskul jurnalistik, diajarkan secara bertahap bagaimana teknis-teknis dalam peliputan, menulis, dokumentasi hingga publikasi. 

Arya Dava Dinaryanto, anggota ekskul jurnalistik mengungkapkan, meskipun baru diajarkan materi dasar, ada sekitar 20 anggota aktif yang sudah turun lapangan untuk praktek. 
"Kita ngelola media sekolah, dokumentasi setiap kegiatan, kalo ada kejuaraan bikin berita, terus ngurus podcast juga," ungkapnya. 

Ia menambahkan, untuk mendalami ekskul jurnalistik ini para anggota harus fokus ke pengembangan, jadi diadakan kumpulan rutin seminggu sekali. 
"Untuk sekarang fokus ke pengembangan dulu, soalnya masih baru, tiap ada giat kita turun praktek," tambahnya. 

Sebagai anggota tergabung, Arya berharap anggota ekskul jurnalistik bertambah dan kualitas dalam giat jurnalistik semakin baik.
"Kedepannya semoga makin banyak anggotanya. Semoga lebih prepare lagi dari segi penulisan, peliputan, publikasi dan lain-lain," pungkasnya. (Rd)