Hujan dengan intensitas tinggi hingga sedang selama 4 hari terakhir mengguyur Karawang, membuat sejumlah kali, irigasi hingga muara meluap di berbagai Kecamatan. Selain merendam rumah-rumah warga dengan ketinggian 50-100 centimeter, hujan yang membuat sungai meluber itu, bikin ribuan hektar sawah di berbagai Kecamatan tergenang banjir, bahkan masa tanam yang masih kurang dari 30 hari dan paska persemaian, membuat pertanaman padi terancam gagal tanam. 
Foto : Hujan 4 Hari Sejumlah Areal Pesawahan Terendam Banjir Akibat Luapan sungai dan banyaknya eceng gondok


Pantauan Pelitakarawang.com, sejumlah area persawahan yang bermuara ke pesisir di golongan air 2,3,4 dan 5 berubah bak lautan seperti di Layapan Kecamatan Tempuran yang meliputi Desa Pancakarya, Jayanegara, Purwajaya, Pagadungan dan Lemah Duhur yang salah satu biangnya adalah meluapkan sungai cibulan-bulan. Begitupun sejumlah desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, selain merendam pemukiman warga, areal pesawahan juga tak luput dari banjir akibat luapan kalen tasrif dan kali Maryamah yang membuat Desa Cilamaya, Mekarmaya, Sukatani, Rawagempol Kulon dan Rawagempol Wetan terendam banjir, hal itu juga diperparah dengan volume eceng gondok yang berserakan di aliran sungai.
Foto : Hujan 4 Hari Sejumlah Areal Pesawahan Terendam Banjir Akibat Luapan sungai dan banyaknya eceng gondok

Banjir areal pesawahan juga nampak di Kecamatan Telagasari seperti Ciwulan dan Kalisari, Hingga Cilebar di Desa Kertamukti, Cibadar dan Cikangkung.

"Mayoritas banjir kali ini akibat luapan kalem tasrip dan simbatan eceng gondok hingga pendangkalan irigasi. Terpantau banjir hingga Minggu siang yaitu di Desa Cilamaya, Mekarmaya dan Rawagempol Kulon, " Kata Satgas BPBD Cilamaya, Aan Susanto. 

Asep Hazar Kepala dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang mengatakan, sampai Minggu sore (26/2/2023), sejumlah Uptd pertanian sudah bergerak identifikasikasi dan mendata jumlah lahan sawah yang terendam, malam ini sebut Asep, diharapkan data sebagian besar sudah bisa masuk. Disinggung soal antisipasi gagal tanam yang menghantui para petani setelah masa persemaian terendam, Asep mengaku, bahwa Salah satu upayanya adalah memastikan claim asuransi dapat dipenuhi bilamana sebelumnya sudah mendaftarkan. 
Foto : Hujan 4 Hari Sejumlah Areal Pesawahan Terendam Banjir Akibat Luapan sungai dan banyaknya eceng gondok

"Kemudian pemetaan masih dilakukan, 
Kebijakan lainnya masih dalam pembahasan, besok Senin soal data lahan sawah yang terendam pastinya, akan di share ke teman-teman, " Ungkapnya. (Rd)