Beberapa orang terbiasa memulai pagi dengan sarapan atau secangkir kopi hangat. Beberapa lainnya, percaya bahwa memulai hari dengan 'morning sex' bisa bikin suasana hati baik seharian. Pasalnya tak cuma bikin naik mood, seks pagi juga membantu meningkatkan energi dan menghilangkan stres.

Foto ilustrasi

Dikutip dari Healthline, ada beberapa manfaat seks di pagi hari. Berikut manfaatnya.

1. Tubuh lebih prima dan siap beraktivitas

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bercinta karena tubuh sudah siap setelah istirahat semalaman. Kadar estrogen dan testosteron berada pada puncaknya selama pagi hari. Sebuah studi pada 2013 menemukan libido dipengaruhi oleh kadar hormon. Semakin tinggi kadar hormon, semakin tinggi gairah.

2. Pria lebih 'tahan lama'

Semakin banyak hormon testosteron, semakin baik hubungan seks. Kadar testosteron yang tinggi meningkatkan gairah pasangan menurut sebuah studi pada 2007. Selain itu, testosteron juga meningkatkan kekuatan ereksi,seperti dilansir detik (23/2/22).

3. Melepaskan 'hormon pelukan' atau oksitosin.

Seks pagi hari juga diyakini ampuh bikin pasangan makin lengket. Ini karena seks menghasilkan oksitosin, yaitu zat kimia di otak yang mengontrol cinta dan ikatan. Saat hormon ini dilepaskan, Anda akan merasa lebih terhubung dengan pasangan.

4. Penyalur stres

Sebuah studi pada 2010 menemukan aktivitas yang menyenangkan dapat mengurangi kadar hormon stres. Artinya, mencapai klimaks saat seks sebelum berangkat kerja dapat membuat suasana hati lebih baik.

5. Menghasilkan hormon endorfin

Seks di pagi hari menghasilkan endorfin,yaitu hormon penghilang rasa sakit dan meningkatkan suasana hati. Itu sebabnya Anda biasanya merasa lebih bahagia setelah mencapai klimaks.(**)