Puasa Nisfu Syaban 2023 tanggal berapa, ya? Bagi yang sedang mencari tahu jadwal puasa Nisfu Syaban 2023 serta informasi seputar puasa Nisfu Syaban simak artikel ini sampai akhir.

Jadwal puasa Nisfu Syaban 2023 sebenarnya telah ditetapkan. Menurut Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI, 15 Syaban 1444 H atau Nisfu Syaban bertepatan dengan hari Rabu, 8 Maret 2023.

Sedangkan menurut Kalender Islam Global Tunggal 1444 H yang disusun oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, 15 Syaban 1444 H jatuh pada hari Selasa, 7 Maret 2023.

Selain mendirikan sholat malam, ada beberapa pendapat yang menyebutkan untuk melaksanakan ibadah sunnah puasa pada Nisfu Syaban. Mengacu pada kedua kalender tersebut, maka jadwal puasa Nisfu Syaban adalah hari Selasa, 7 Maret 2023 atau hari Rabu, 8 Maret 2023.

Puasa Nisfu Syaban 2023

Salah satu dalil yang menyebutkan secara khusus pelaksanaan ibadah sunnah puasa Nisfu Syaban adalah hadits yang diriwayatkan Ibn Majah dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far:

"Jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka sholatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah SWT turun ke langit dunia ketika matahari terbenam...".

Terlepas dari dalil puasa Nisfu Syaban, ada dalil shahih yang menjelaskan tentang puasa bulan Syaban, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah RA:

"Tidaklah aku melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban", (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Puasa Nisfu Syaban

Sebagaimana dilansir dari laman Jatim Nu Online, keutamaan puasa Nisfu Syaban adalah mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Syekh Nawawi al-Bantani seperti berikut:

"Puasa sunnah yang keduabelas adalah puasa Syaban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang menjalankannya, maka ia akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di hari kiamat nanti", (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihayatuz Zain fi Irsyadil Mubtadi-in, [Bairut, Darul Fikr], halaman 197).

Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban

Puasa Nisfu Syaban memiliki rukun yang sama seperti puasa lainnya, salah satunya adalah niat, wajib diikutsertakan saat melaksanakan puasa.

Berikut ini adalah bacaan Niat Nisfu Syaban, lengkap dengan artinya:

"Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya‘bana lillahi ta‘ala", yang artinya : “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT".

Dalam niat tersebut sudah jelas bahwa melaksanakan puasa sunnah Nisfu Syaban niatnya hanya karena Allah SWT. Bukan karena ingin mendapatkan hal lainnya atau bahkan niat untuk kesenangan duniawi semata.

Foto ilustrasi orang berbuka puasa

Sekian penjelasan seputar puasa Nisfu Syaban 2023 mulai dari jadwal, dalil, bacaan niat hingga keutamaannya. Mari kita amalkan ibadah ini.(*)