*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Kemenag Kembangkan Kurikulum Madrasah Digital Entrepreneurship

Kemenag akan mengenbangkan Kurikulum Madrasah Digital Entrepreneurship. Terobosan ini dikembangkan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah bersama XL Axiata.
Foto : Rapat Dit KSKK dan XL Axiata bahas kurikulum Madrasah Digital

Inovasi ini sebagai bagian dari Program Madrasah Digital Entrepreneurship atau Program Madrasah Digipreneur. Tujuannya,  membangun inkubator startup Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) khusus untuk anak-anak di madrasah melalui XCamp XL Axiata. 

"Saat ini kita sedang menyusun kurikulum Madrasah Digipreneur bersama XL Axiata melalui XCamp untuk mempercepat ekosistem Budaya Digital berbasis Internet of Things (IoT) di Madrasah,” terang Direktur KSKK Madrasah Moh Isom di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

“Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan budaya digital atau digital culture yang lahir dalam diri siswa-siswi madrasah, tidak hanya sebatas penikmat teknologi melainkan sebagai pencipta (Inventor) teknologi itu sendiri sesuai dengan kebutuhan dan tantang zaman," sebut Isom.

Dengan komitmen untuk mendukung pengembangan industri digital di Indonesia, Kementerian Agama bersama XL Axiata melalui X-Camp percaya bahwa inovasi dan teknologi akan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia.

“Kerja sama Program Madrasah Digipreneur ini diharapkan dapat menciptakan kontribusi positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di madrasah dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi era digital yang semakin berkembang,” harap Isom.

Diawali dengan program Akademi Madrasah Digital yang sudah dijalankan sejak 2020-2021, program Madrasah Digipreneur dilakukan guna meningkatkan kemampuan anak-anak madrasah untuk terus dapat menguasai teknologi terbaru dan ter-update.

Dengan adanya inkubator startup IoT dan AI, anak-anak di madrasah akan mempelajari dan mempraktikkan bagaimana membangun startup dalam bidang teknologi IoT dan AI melalui pelatihan softskill & hardskill serta mentoring oleh para Mentor XL Axiata yang handal dan berpengalaman di bidangnya.

Program ini meliputi pelatihan, bimbingan, dan pengembangan proyek di bidang teknologi, bisnis, dan sosial. Anak-anak madrasah juga nantinya akan dapat memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam dunia teknologi dan menjadi penggerak perkembangan ekonomi digital di masa depan. (Nag)