Selain Nelayan Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan yang di laporkan hilang pada Jumat pagi (3/2/2023) yang sampai saat ini masih dalam pencarian Tim BPBD dan Satpol Air, giliran Nelayan Asal Blanakan Kabupaten Subang, di laporkan hilang di perairan Karawang pada Minggu (5/2/2023).
Foto : Setelah Nelayan Muara, Giliran Nelayan Asal Blanakan Subang Hilang Tenggelam di Perairan Karawang


"Yang dari Muara, belum ditemukan setelah pencarian selama dua hari terakhir. Ternyata Kuta dapat laporan lagi Minggu ini ada Nelayan Asal Desa Rawameneng RT 09/02 Kecamatan Blanakan yang juga hilang di Perairan Karawang atas nama Irfan (25), " Kata Aan Susanto, Satgas BPBD Cilamaya.

Foto : Setelah Nelayan Muara, Giliran Nelayan Asal Blanakan Subang Hilang Tenggelam di Perairan Karawang


Dalam laporannya, sebut Aan, 3 oranf pergi melaut pada pukul 05.00 wi An. Bapak karsa (kakek korban), An Tiar (kerabat) dan An. Irfan (Dalam Pencarian - usia -+ 25th), mereka semua asal Desa rawa meneng RT 09/02 Blanakan Subang. Di laporkan Pak Karsa, bahwa 
Baling-baling perahunya rusak, kemudian saudara Irfan mencoba untuk memperbaiki namun tenggelam, sejurus kemudian, di coba untuk ditolong oleh saudara Tiar tapu tidak berhasil, kejadiannya sekitar pukul 10.00wib. 
"Kabarnya tenggelam setelah baling-balingnya rusak, dan hilang saat coba di selamatkan, " Katanya.


Sebelumya, Kades Muara Iyos Rosita mengtakan, Jakaria, Nelayan asal Muara hilang sejak Jumat saat melaut dengan Perahu Kecil bernama Airlangga. Dia, biasa melaut di pinggiran pesisir pantai saja, karena alat tangkapnya adalah jaring ikan belanak. Dia, sebutnya, berangkat melaut pada Kamis malam sekitar Jam 22.00 Wib, bahkan ketika mulai bakda Subuh, Jakaria di sebut sempat berpapasan dengan rekan nelayan lainnya di laut.
Namun, sambungnya, kisaran Jumat pagi Pukul 07.00 Wib, ada nelayan yang mau mendarat wilayah Blanakan Subang, menemukan perahu terombang ambing tanpa nelayan dan ABK, di duga perahunya terombang ambing di laut hingga pesisiran, sementara Jakaria tidak ada di perahu.

"Jadi perahunya di temukan, Jakaria nya tidak ada. Untuk sementara, tim yang turun akan melanjutkan pencarian besok pagi, karena sampai Jumat sore, pencarian masih nihil, " Pungkasnya.


AKP Iskandar, Kasatpol Air Karawang  mengatakan, unit Patroli Satpolairud telah menerima laporan telah di temukan 1 buah perahu tradisonal bernama Perahu Erlangga di perairan Cilamaya Karawang tanpa ABK (anak buah Kapal). Pihaknya melakukan penyisiran di perairan Timur wilayah Karawang.

"Kami lakukan penyisiran ke Perairan Pasirputih, Perairan Tengkolak, Perairan Cilamaya Perbatasan Kabupatren Subang," jelas Adis. 

Ia mengatakan, selain melakukan pencarian, juga memberikan informasi tentang peristiwa  tersebut  kepada nelayan sekitar yang sedang mencari ikan. Untuk ikut memberikan informasi bilamana menemukan korban hilang. Serta melakukan pengecekan perahu yang telah ditemukan tanpa abk tersebut. 

"Saat ini kami melakukan pencarian dengan mengerahkan personel Satpolairud, Ditpolairud Polda Jabar, Basarnas dan BPBD Kabupaten Karawang," ungkapnya. (Rd)