Breaking News
---

Panen Raya di Rawamerta, Moeldoko Apresiasi Semangat Petani Karawang

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) Moeldoko melakukan Panen Raya di Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang pada Kamis (2/2/2023).
Foto : Moeldoko Panen Raya di Rawamerta


Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang juga kini sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia ini berkunjung ke Kabupaten Karawang sebagai bentuk apresiasi sebab kegigihan para petani dalam menjaga ketahanan pangan.

Ia mengaku, selama masa pandemi Covid-19 ini para petani berjuang dan berkontribusi di tengah masa pandemi yang menerpa di seluruh negara. Dengan demikian, masyarakat di Indonesia terjaga dalam kebutuhan pangannya.

"Hari ini saya selaku ketua umum HKTI, melakukan Panen bersama di Kabupaten Karawang ini, dan saya tadi senang bahwa kabupaten Karawang ini memberikan kontribusi secara nasional itu kurang lebih 500 ribu ton," ujarnya.

"Jumlah tersebut tentu sangat besar, dan saya melihat semangat petaninya masih luar biasa walaupun ini berada di lingkaran seputar kota tapi semangat petaninya masih luar biasa," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang, Edi Suryana menjelaskan, dalam per tahun Kabupaten Karawang memproduksi 1 juta ton gabah atau dalam skala beras sebanyak kurang lebih 800 ribu ton beras yang dihasilkan.

"Kebutuhan Kabupaten Karawang kurang lebih sekitar 300 ribu ton per tahun, dan Alhamdulillah kita masih surplus dan masih bisa mensuplai kabupaten lain atau daerah lain di Jawa Barat," ujarnya.

Selama dua tahun terkahir ini, lanjut Edi, dua kali berturut-turut Kabupaten Karawang menjadi terbesar kedua se-Indonesia dalam panen padi setelah Kabupaten Indramayu.

"Ini berkat dukungan dan bantuan pemerintah pusat termasuk dari HKTI Pusat juga dan pembinaannya, serta dari Kementerian Pertanian yang berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan nasional," ungkapnya. (Jn)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan