Polisi Khusus Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang, Wawan Setiawan, ingatkan para nelayan di pesisir Karawang untuk waspada dengan potensi angin dan gelombang tinggi di sejumlah perairan laut Indonesia, tanpa kecuali Karawang. 

Foto : Saran Keselamatan Peringatan Dini Angin dan Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia

Dalam rilis Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG, Sabtu dan Minggu akhir pekan ini (5/2/2023), pola angin di wilayah Indonesia dominan bergerak dari Utara - Timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 Knot. Dan kecepatan angin tertinggi terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa hingga NTT  dan laut Banda Bagian Selatan

"Untuk Kondisi saat ini cuaca di laut kurang bersahabat, di tandai dengan Hujan di sertai angin kencang sangat berpotensi untuk kegiatan keselamatan Nelayan, " Katanya kepada Pelitakarawang.com. 

Kondisi saat ini, sebut Wawan, dilapangan Produksi Hasil tangkapan yang di lelangkan di Tempat Pelelangan ikan diakuinya, mengalami penurunan signifikan di sebabkan oleh cuaca buruk dan berdampak kepada kapal. Nelayan sendiri, sejauh ini lebih memilih tidak melaut untuk keselamatan. 

"Adapun yang memaksa melaut hasil tangkapannya pun kurang maksimal. Namun demikian, tetap harus waspada, " Pintanya. (Rd)