Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk menutup sementara Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, mulai tanggal 27 Februari hingga 13 Maret 2023.

2022

Foto : Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dalam unggahan akun instagramnya, @ridwankamil.

"Masjid Raya Al Jabbar akan ditutup sementara  sesuai jadwal dari Senin 27 Februari-13 Maret, untuk penyempurnaan, perbaikan dan penataan ketertiban setelah 2 bulan dibuka dengan antusiasme jamaah yang luar biasa dan dinamika," tulis Gubernur  Ridwan Kamil dalam akun instagramnya @ridwankamil, seperti dilihat, Jumat.

Foto ilustrasi : Saat Ridwan Kamil berada dalam Mesjid Al Jabbar

Ridwan Kamil mengatakan agar Bulan Ramadhan, seluruh umat Muslim bisa beribadah di Masjid Al Jabbar dengan tenang, tertib dan bersih maka penutupan sementara ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan.

"Semoga menjadi perhatian dan sampai jumpa lagi di tanggal 13 Maret, sepekan sebelum Ramadhan tiba," katanya.

Proses penataan berupa aspek perbaikan sejumlah kerusakan yang timbul dari tingginya animo kunjungan masyarakat sejak masjid raya Al Jabar dibuka.

Perbaikan ini mensyaratkan penutupan sementara karena terkait sisi keamanan pekerjaan dan keamanan pengunjung.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penutupan sementara ini akan menata pula aspek kenyamanan dan ketertiban di kawasan dan masjid raya Al Jabbar. Persoalan PKL, alur pengunjung hingga soal parkir akan menjadi bagian dari aspek ini.

Atas keputusan ini, Pemprov Jabar memohon maaf pada jamaah dan masyarakat sekaligus memohon pengertian atas pentingnya penutupan sementara ini semata-mata demi kenyamanan beribadah dan kunjungan.

Kebijakan ini juga bagian dari pengelolaan Masjid Raya Al Jabbar yang lebih baik.(Ant).