Lulusan SMA/SMK/MA/Paket C sederajat, yang akan ikut SNBT 2023 agar melakukan registrasi akun SNPMB mulai hari Kamis 16 Februari 2023. Registrasi Akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) siswa untuk SNBT 2023 berlangsung sampai 3 Maret mendatang.
Foto : SMAN 1 Tempuran Fasilitasi Calon Lulusannya Mendaftar Kuliah di Jalur SNPMB


Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, Umur maksimal peserta SNBT adalah 25 tahun (per 1 Juli 2023). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SNBT pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).


"Sejak 14 Februari seleksi ini di buka, kita keliling kelas XII melakukan penjaringan siapa saja yang akan ikut, wal hasil sampai kami kemarin, sudah 58 siswa mendaftar dan 4 siswa lainnya peserta pendaftar SPAN-PTKIN, " Kata Wakasek SMAN 1 Tempuran, Sunarto, Jumat (17/2/2023).

Siswa berprestasi dan masuk Eligibel penjaringan sekolah sebut Sunarto, mengikuti SNPMB melalui SNBP dan UTBK, dimana SNBP sendiri di tutup pada 28 Februari 2023. 

"Semua yang masuk sudah mendaftar di berbagai fakultas lintas Universitas Negeri. Kita lihat dulu mereka sebelum di daftarkan baik Prestasi Akademis di Raport, Prestasi sertifikat akademis dan non akademis, seperti O2SN, semuanya bisa menjadi salah satu pendukung untuk penerimaan, " Katanya.

Selain mendaftarkan siswa masuk perguruan tinggi dari jalur SNPMB ini, siswa tidak mampu, juga di daftarkan KIP biaya pemerintah. 

"Ada siswa kurang mampu, kita daftarkan juga KIP biaya pemerintah. Tapi yang sudah KIP dan atau masuk penerima bantuan sosial seperti PKH dan atau BPNT, sudah otomatis terdaftar di KIP Kuliah, seperti siswa Duta Genre Satpel KB Kecamatan Tempuran di tingkat Kabupaten, Winda selain prestasi, doa juga sudah terdaftar di KIP Kuliah, " Ungkapnya. (Rd)