Sambut Hari Ulang Tahun Korps Kaveleri TNI ke 73 dan Hari Pers Nasional, Kodim 0604/ Karawang menggelar acara Singging Contest dan lomba Artikel selama 18-19 Febuari 2023 di Warung Lengkong Kodim 0604 Karawang.
Foto : Dandim Karawang


Dengan panitia pelaksana digawangi langsung (Kelompok Kerja) Pokja Media Tim 11 Kodim 0604 Karawang yang diikuti oleh puluhan peserta Lomba Menyanyi (Singing Contest) dan Lomba Penulisan Artikel dari berbagai media lokal di Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Ketua Pokja Media Tim 11 Kodim 0604 Karawang, Rangga Maulana mengatakan gelaran Kartika Fest 2023 ini terselenggara atas kerja sama Event Organizer dari Kartika dan Warung Lengkong dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Korps Kaveleri TNI ke 73 dan Hari Pers Nasional (HPN).

Tak lupa, ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya, kepada seluruh tim yang terlibat dalam kepanitiaan yang telah bekerja keras sehingga terselenggaranya acara tersebut dengan sukses.

Acara yang di gelar ini, sebutnya bekerja sama dengan event organizer dari Kartika yang ada di Warung Lengkong, dimana ada dua perlombaan yang digelar, pertama lomba menyanyi dengan dua lagu wajib yakni, Karawang Tandang Makalangan ciptaan Bupati Karawang Cellica Nurrachadianna dan Pesan Kebangkitan ciptaan Dandim 0604 Karawang, Letkol Kav Makhdum Habbiburahman.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh tim yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar dan sukses. Terima kasih juga kepada Pak Dandim atas supportnya, kepada dewan juri, juga seluruh pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu ,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0604 Karawang, Letkol Kav Makhdum Habiburrahman menyampaikan bahwa acara Kartika Fest 2023 ini menjadi momentum persembahan untuk para generasi muda Kabupaten Karawang.

Dirinya meyakini, melalui kegiatan seperti ini dapat membangkitkan perekonomian yang terpuruk akibat adanya pasca bencana Covid 19, salah satunya melalui kesenian dan budaya.

“Saya meyakini melalui acara-acara seperti ini merupakan awal kebangkitan perekonomian khususnya di Kabupaten Karawang, dan bagi para peserta yang saat ini belum beruntung jadi juara akan kita libatkan dalam pembentukan video klip album selanjutnya, dan acara ini juga sebagai gerbang utama untuk pagelaran nanti di acara HUT Kabupaten Karawang kedepan,” kata Dandim, Minggu (19/2/2023) pada saat memberikan sambutan diacara puncak Kartika Fest 2023 Kodim 0604 Karawang.

Sekilas ia pun mengulas mengenai lagu ciptaannya “Pesan Kebangkitan” yang dijadikan salah satu lagu wajib dalam Singing Contest Kartika Fest .

Diceritakannya, menulis karangan lagu adalah hobinya yang ia tulis dalam keadaan ketika sedang santai dalam tugasnya. Terbukti, 16 lagu ciptaannya yang telah ia rilis.

”Ketika iseng saya suka sekali menulis lagu, dan jika tidak salah saat ini lagu ciptaan yang telah saya rilis sudah ada 16 lagu,salah satunya adalah lagu berjudul Pesan Kebangkitan yang dijadikan salah satu lagu wajib dalam acara Kartika Fest 2023 hari ini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Pewarta onediginews.com, Nina Melani Paradewi yang meraih juara II dalam lomba Menulis Artikel Kartika Fest 2023 yang diselenggarakan Kodim 0604 Karawang mengungkapkan rasa senang dan bangga atas terpilih dirinya menjadi juara. Mengingat peserta yang mengikuti loma menulis dengan tema ” Peran Pers Dalam Pembangunan dan Penyebaran Informasi Publik” ini jumlahnya mencapai puluhan.

“Terima Kasih kepada pak Dandim , Dewan Juri dan juga kepada Tim 11 Kodim 0604 Karawang, sesuai dengan tema artikel yang dilombakan bahwa pers memegang peranan penting dalam menginformasikan dan mengabarkan program-program pemerintah. Seperti satu sisi mata koin, Pers punya peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Yang tentunya berkesinambungan dengan undang-undang kebebasan pers (UU Nomor 40 tahun 1999) dengan sisi lainnya pers harus berdasarkan Pancasila atau pers yang sehat, bebas dan bertanggungjawab,” ungkapnya.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan bisa semakin mengasah kemampuan saya dalam menulis,” pungkasnya.

Berikut nama- nama pemenang Lomba Menulis Artikel Hari Pers Nasional dengan tema ” Peran Pers Dalam Pembangunan dan Penyebaran Informasi Publik”, (rd)

Juara I : Heri Widodo media online Intijaya.com

Juara II : Nina Melani Paradewi media online onediginews.com

Juara III : Irfan Maulana media online Mahidara.com

Untuk perlombaan Singing Contest, yaitu

Juara I : Pepi
Juara II : Nurul Aini
Juara III: Aida Lailatun Nazah