*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ujian Sekolah Ganti Istilah Jadi PSAJ, Wakasek SMA Tempuran : Jangan Cemas !

Ujian Sekolah (US) kelas XII akan berganti nama pada tahun ajaran 2022/2023 ini. Para siswa kelas XII tingkat SMA/SMK akan mengenal ujian paling pamungkas di satuan pendidikan menengah pada 13-31 Maret 2022 itu, dengan istilah lain, yaitu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). 
Foto : Syahrudin S.pd, Wakasek Kurikulum SMAN 1 Tempuran


Lalu, istilah baru ujian akhir di sekolah itu apakah akan merubah teknis soal, tahapan hingga sistemnya? 

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Tempuran, Syahrudin S.pd mengatakan, US bagi kelas XII tidak lagi di pakai istilahnya, tetapi berganti menjadi PSAJ. Ini sebut Syahrudin, tidak merubah teknis, soal dan tahapan sebagaimana US sebelumnya, karenahanya berganti istilah saja. Sementara kurikulum yang digunakan, sistem dan teknisnya masih sama, sehingga tidak perlu ada yang di cemaskan dari pergantian istilah ini. 

"Gak ada yang rubah, hanya beda istilah saja, " Katanya, Senin (20/2/2023).

Ia menambahkan, pelaksanaan PSAJ akan di mulai 13 Maret sampai 31 Maret 2023. Adapun SMAN 1 Tempuran sendiri, akan mengujikan 213 siswa IPA dan IPS kelas XII nantinya. Karena, semua mata pelajaran akan di ujikan, bahkan menggunakan sistem Google Form. 
Untuk itu sebut Syahrudin, PSAJ ini adalah untuk mengukur sejauhmana pembelajaran siswa selama mengenyam pendidikan di SMA, sehingga bisa terarah, karena sebagiannya di serahkan wewenangnya kepada pihak sekolah masing-masing, seperti soal, dalam jaringan (Daring), penggunaan sistem android, google form hingga kisi-kisinya.

"Perubahan US ke PSAJ ini adalah di dasari dari Surat Pertanggal 8 Februari Dinas Provinsi Jawa barat
Nomor 2402/PK.07-Bid.PSMA, jadi hanya beda istilah saja, isinya sama ujian akhir sekolah, " Pungkasnya. (Rd)

Komentar0