Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) mewanti-wanti bahaya menggunakan kosmetik atau skincare share in jar. Seperti diketahui, produk semacam ini marak dijual di pasaran terutama e-commerce.(4/3/23).

Ingat ya! BPOM RI mengimbau tak boleh asal pakai skincare hingga kosmetik share in jar. Dipastikan ilegal, ternyata ini bahayanya.

Kosmetik atau skincare share in jar umumnya dipilih publik lantaran relatif lebih ekonomis dan dinilai cocok untuk mereka yang mulanya hanya ingin mencoba produk baru. Meski produk yang dibagikan dalam jar sudah mendapatkan izin edar BPOM RI, tetap saja kosmetik yang disebar seperti itu termasuk ilegal.

"Kegiatan pengemasan kosmetik merupakan bagian dari rangkaian kegiatan produksi, sehingga hanya dapat dilaksanakan di industri yang memiliki izin untuk memproduksi," beber BPOM dalam keterangan tertulis, dikutip detikcom Minggu (4/3/2023).

Lebih lanjut, skincare share in jar dinyatakan ilegal lantaran kemasan, jenis, maupun ukuran yang didaftarkan di BPOM tentunya berbeda.

Apa Bahayanya?

"Adanya kemungkinan terjadi reaksi fisika maupun kimia antara bahan kosmetik dengan kemasan tersebut," lanjutnya.

"Sanitasi dan higienitasnya juga tidak dapat dijamin," sambung BPOM.

BPOM menegaskan produk yang digunakan publik harus memenuhi syarat cara pembuatan kosmetik yang baik (CPKB).(*)