Masa panen padi di golongan air 2 dan 3 Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan tinggal menghitung hari. Selama sawah belum di tebas, pengeringan lahan diperlukan untuk memperlancar masa panen, tanpa kecuali meyakinkan para tukang bebek untuk saling memahami kebutuhan pengairan pesawahan sesuai kondisi. 

Foto : Kades Tegalwaru Saat Turun Langsung Urus Persoalan Pertanian Jelang Panen

Memastikan masa panen lancar dan tidak banjir sekaligus menunda sementara sebaran bebek 'jarambah' ke lahan pertanian jelang panen, Kades Tegalwaru Euis Herawati turun langsung membantu proses penutupan pintu air sejenak agar memperlancar masa panen petani.

"Ya intinya sawah masih banjir terus, sedangkan petani sudah ada yang panen. Disisi lain, bebek dari tukang juga di sebar ke sawah, padahal belum semuanya panen. Nah, khawatir bebek 'jarambah' ke lahan padi yang mau panen, maka pintu air yang di Gempol di tutup dulu supaya sawahnya kering, " Kata Euis, Senin (13/3/2023). 


Foto : Kades Tegalwaru Saat Turun Langsung Urus Persoalan Pertanian Jelang Panen

Tak hanya ke pintu air, sebut Euis, pihaknya juga sampaikan kepada tukang bebek agar tidak 'ngaranjah' ka sawah ternak bebeknya saat panen belum beres, kecuali saat sudah beres panen mangga di persilahkan, tapi Alhamdulillah tukang bebek paham. 

"Ketika saya sampaikan ke tukang bebek Alhamdulillah faham, dan di saksikan para petani juga, " ungkapnya..(rd)