Timnas Indonesia U-20 tumbang 0-2 dari Irak di matchday pertama Grup A Piala Asia U-20. Lantas, bagaimana kans Garuda Nusantara untuk ke fase gugur?

Timnas Indonesia U-20 tumbang 0-2 dari Irak

Indonesia vs Irak berlangsung di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023) malam WIB. Pasukan Shin Tae-yong kalah 0-2 lewat gol-gol Hayder Abdulkareem Tofee dan Mohammed Jameel.

Hasil ini membuat jalan Indonesia di Piala Asia U-20 menjadi terjal. Ada Suriah dan tuan rumah Uzbekistan yang harus dikalahkan.

Suriah mungkin menjadi lawan yang bisa diatasi Indonesia. Setelah itu laga hidup mati untuk Indonesia adalah saat melawan Uzbekistan dan dipastikan tidak akan mudah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang sudah mengatakan tidak memasang target apapun di Piala Asia U-20. Namun, jika gagal ke fase gugur adalah sebuah kemunduran merujuk pencapaian Indonesia di 2018.

"Piala Asia di Uzbekistan sama pentingnya (dengan Piala Dunia U-20). Namun, kami sudah lolos di Piala Dunia. "Kami tidak terlalu mementingkan Piala Asia kali ini," kata Shin Tae-yong beberapa pekan lalu.

"Fokus sama-sama adalah Piala Dunia U-20. Itu dengan menjaga motivasi dari pemain," pungkasnya.(*)