Headline
---

Dandim Karawang : Penting Membantu Warga Pesisir Bangun Tanggul Penahan Ombak

Mencegah abrasi dan melindungi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai, Kodim 0604/Karawang bersama  masyarakat membangun tanggul penahan ombak di Desa Sukajaya, Cilamaya Kulon, Karawang.

Foto : Dandim Karawang Berupaya Membantu Warga Pesisir Tangkal Abrasi Lewat Pembuatan Tanggul Penahan Ombak Manual

Hal tersebut disampaikan Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman melalui Pasiter Lettu Inf Kihajar pada Rabu (05/04/2023).

Dikatakannya, dengan adanya tanggul ini untuk mengendalikan abrasi yang dapat menggerus garis pantai, dan mengurangi intensitas ombak sehingga memberikan keamanan kepada masyarakat di sekitar pantai.

Foto : Dandim Karawang Berupaya Membantu Warga Pesisir Tangkal Abrasi Lewat Pembuatan Tanggul Penahan Ombak Manual

“Tanggulnya sendiri terbuat dari ban mobil bekas  dengan di bagian tengahnya diisi batu sebagai penyangganya,” katanya.

"Selain sederhana dan murah, juga sebagai pemanfaatan kembali ban mobil bekas,” lanjutnya.

Dengan adanya tanggul ini, masyarakat diharapkan tidak lagi khawatir terhadap ombak terutama pada saat air laut pasang, serta dapat dipelihara dengan baik.

“Tanggul ini harus dipelihara sehingga terjaga dan bertahan lama, serta bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

“Misalnya dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan masyarakat dapat berjualan di sana sebagai tambahan penghasilannya,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Sanda selaku Warga sekitar  mengungkapkan rasa terima kasih dan sangat mengapresiasi pembangunan tanggul ini.

"Terima kasih Pak TNI yang telah membuat penahan abrasi, kami siap  memelihara keberadaannya sehingga nantinya pantai tidak mengakibatkan abrasi lagi," ungkapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan