GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Kapan Mulai Puasa Syawal 2023? Ini Jadwal Batas Waktu dan Bacaan Niatnya

Selain di bulan Ramadhan, umat Islam juga dapat mengerjakan puasa sunnah pada bulan Syawal. Muslim dianjurkan melakukan ibadah puasa sunnah ini selama enam hari. Lantas kapan mulai puasa Syawal? Ketahui jadwal selengkapnya dalam ulasan artikel berikut.

Foto ilustrasi : orang berdoa

Puasa Syawal sangat dianjurkan lantaran memiliki keutamaan yang amat baik bagi siapa saja yang mengerjakannya. Dijelaskan dalam Kitab yang berjudul Latha'if al-Ma'arif, Ibnu Rajab Al-Hanbali mengatakan berpuasa di bulan Syawal setelah bulan Ramadhan dapat menyempurnakan ganjaran berpuasa selama setahun penuh.

Adapun dalil keutamaan puasa Syawal ini merujuk pada sebuah riwayat yang berasal dari Abu Ayub Al Anshari, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

"Barang siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun." (HR. Muslim. Imam Ahmad juga meriwayatkan dari hadits Jabir).

Selain itu, Tsauban juga meriwayatkan dalam hadits yang berbunyi, "Puasa Ramadhan pahalanya setara dengan puasa sepuluh bulan dan puasa enam hari pahalanya senilai dengan puasa dua bulan. Jumlah keseluruhannya satu tahun penuh." (Diriwayatkan oleh Sa'id bin Manshur dengan sanadnya Tsauban).

Batas Watu Puasa Syawal

Puasa Syawal sendiri bisa dikerjakan mulai tanggal 2 bulan Syawal. Hal ini lantaran, 1 Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri.

Seperti yang dikatahui hari itu termasuk salah satu waktu yang diharamkan bagi umat Islam untuk berpuasa. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al Khudri RA,

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Muslim).

Lantas kapan puasa Syawal 1444 H bisa dimulai?,seperti melansir suara.com (16/4/23).

Apabila pelaksanaan puasa Syawal  dilakukan secara berturut, mulai  tanggal 2 sampai 7 Syawal, itu lebih baik. Berdasarkan konversi kalender Hijriah ke Masehi, Hari Raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023 mendatang.

Sehingga puasa Syawal 2023 dapat dilaksanakan mulai Minggu (23/4/2023) sampai akhir bulan Syawal selama enam hari lamanya. Tanggal 29 Syawal jatuh pada Senin (22/4/2023) dan 30 Syawal jatuh pada Selasa (23/5/2023).

Bacaan Niat Puasa Syawal

Sama seperti ibadah lainnya, jika kita ingin mengerjakan puasa Syawal harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan niat puasa Syawal latin dan terjemahannyam

Nawaitu shouma ghodin 'an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunah karena Allah Ta'ala,"

Melansir dari berbagai sumber, niat puasa Syawal ini boleh dilakukan di pagi hari hingga waktu zuhur asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum. Apabila kita belum berniat pada malamnya, maka boleh langsung mengucap niat puasa di pagi harinya lalu mengerjakan puasa hingga masuk waktu magrib atau berbuka.

Adapun tata cara puasa Syawal sama dengan puasa wajib atau puasa sunnah lainnya. Yaitu dilaksanakan sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Sementara, yang membedakan dengan puasa lainnya hanya terletak pada niatnya saja.(*)

Komentar0