Dihadapan Kepala DPMD Karawang Wiwi Trisnawati dan pejabat BPKAD hingga perwakilan BJB Cabang Karawang, Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) gelar audiensi mendesak pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Siltap - Operasional hingga Dana Bagi Hasil PDRD cair sebelum lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah di semua desa di Karawang.

Hal itu, di ungkapkan Ketua Papdesi Karawang Deni Supriyatna, Senin (3/4/2023) kepada pelitakarawang.com. 
Foto : Sejumlah Kepala Desa saat Audiensi desak percepatan pencairan ADD dan DBH sebelum lebaran di DPMD Karawang

Kades Kalijati Kecamatan Jatisari ini mengatakan, agenda pertemuan DPC Papdesi hari ini adalah silaturahmi bersama DPMD, BPKAD dan Bank BJB Cabang Karawang untuk mendorong percepatan pencairan ADD Siltap, Operasional Rt/Rw, BPD berikut DBH-PDRD segera realisasi pencairannya. Ia mewakili semua Kades yang juga ikut hadir dari lintas kecamatan ini, meminta semua anggaran tersebut dapat di cairkan sebelum lebaran/idul fitri, atau maksimalnya pada H-3.

"Kita tahu dilapangan banyak berkas, syarat dan lainnya. Disisi lain, pencairannya juga sedikit lambat. Kita datang meminta percepatan agar pencairannya ini bisa segera sebelum lebaran, baik ADD maupun DBH, " Ungkapnya.

Deni menambahkan, soal distribusi siltap non tunai yang di berlakukan tahun ini, Kalau memang belum ada kesiapan, sebaiknya jangan dulu di laksanakan ketimbang memperlambat serapan yang seharusnya sudah diterima aparat desa dan BPD. Namun demikian, untuk siltap perangkat diakuinya, memang mau tidak mau Pemkab harus menjalankan amanah inmendagri Nomor 28 tahun 2022 soal distribusi non tunai.

"Jadi kesimpulannya, baik DPMD, BPKAD dan BJB sepakat bisa di cairkan sebelum lebaran. Tapi, tetap persyaratan normatif seperti biasa baik ajuan dan SPJ juga diharapkan bisa di sempurnakan desa-desa, " Ungkapnya. (Rd)