GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Pasar Murah Tekan Harga Barang Kebutuhan Pokok Selama Ramadan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau penyelenggaraan Pasar Murah di Rusunawa KS Tubun di Palmerah, Jakarta Barat, Jakarta pada Kamis (6/4/2023).

Tujuan dari pelaksanaan Pasar Murah untuk membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok (bapok) dengan harga yang terjangkau sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga, selama bulan ramadan harga bapok dapat senantiasa dapat dijangkau oleh seluruh elemen masyarakat.

“Mudah-mudahan, sampai Lebaran harga terjaga terus, pasokan lebih dari cukup, dan harganya tidak bergejolak,” kata Mendag Zulkifli Hasan melalui siaran persnya yang diterima InfoPublik.

Penyelenggaraan Pasar Murah diselenggarakan dengan melibatkan pemerintah daerah dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Masyarakat bisa mendapatkan bapok dengan harga yang ditentukan pemerintah,” kata Mendag.

Pelaku usaha yang turut berpartisipasi di pasar murah Palmerah antara lain PD Dharma Jaya, Koperasi Niaga Sejahtera, Asosiasi Pinsar Petelur, Perum Bulog, Indomaret, PT Sungai Budi, Food Station Tjipinang, Prima Freshmart, ID FOOD (RNI), dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Pasar murah di Palmerah menjual berbagai bapok dengan harga terjangkau. Bapok yang dijual di antaranya minyak goreng MINYAKITA Rp14.000 per liter, tepung terigu Rp12.000 per kg, gula pasir Rp13.500 per kg, minyak goreng kemasan premium Rp17.000 per liter, beras premium Rp66.000 per lima kg, beras medium Bulog Rp45.000 per lima kg, serta daging sapi Rp87.000 per kg. Selain itu, dijual paket bapok dengan harga Rp20.000 yang berisi tepung ketan, tepung beras, santan instan, dan margarin.

Selanjutnya, Mendag Zulkifli Hasan dijadwalkan meninjau pasar murah di Surabaya, Jawa Timur. Sejak Sabtu lalu (1/4/2023).


Mendag telah meninjau sejumlah pasar murah di kawasan Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. Mendag Zulkifli Hasan pun telah mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pasar rakyat untuk memastikan sendiri harga-harga bapok di bulan Ramadan. Peninjauan Presiden bersama Mendag dilakukan di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur dan Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat pada Rabu (5/4/2023).(rld)

Komentar0