Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang memastikan bantuan sarana prasarana sekolah di Kecamatan Pakisjaya tahun 2023 menyasar tujuh sekolah dasar (SD) negeri.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora Karawang, Yani Heryani


Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora Karawang, Yani Heryani mengatakan, bantuan sarana prasarana yang diterima tujuh SD negeri berupa rehabilitasi ruang kelas dan meubelair.

"Rinciannya, dua sekolah mendapat bantuan rehabilitasi ruang kelas dan meubelair, tiga sekolah rehabilitasi ruang kelas, sedangkan dua sekolah lainnya meubelair," ujar Yani.

Ia menyebut, dua sekolah mendapat bantuan rehabilitasi ruang kelas dan meubelair adalah SDN Tanjungmekar III dan SDN Tanjungbungin I. 

Tiga sekolah rehabilitasi ruang kelas yaitu SDN Telagajaya I, SDN Solokan II, dan SDN Tanjungpakis IV.

Sementara sekolah yang mendapat bantuan meubelair yakni SDN Tanah Baru III dan SDN Telukbuyung II.

"Seluruh bantuan tersebut bersumber dari dari APBD 2. Saat ini sedang berjalan dan ditargetkan selesai pada Juli 2023," jelasnya.

Pihaknya menegaskan bahwa bantuan sarana prasarana sekolah merupakan upaya dan bukti keseriusan Pemkab Karawang untuk menunjang fasilitas demi kemajuan pendidikan di Karawang.

"Tak hanya di Kecamatan Pakisjaya, tapi menyasar berbagai wilayah di Karawang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Karawang, Sitti Imas Massitoh, didampingi Kasi PAUD, Kosim Taryana, mengatakan, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Pakisjaya menerima dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) tahun 2023.

"Ada 29 PAUD dan dua PKBM yang menerima dan BOSP dari pemerintah pusat," kata Imas.

Besaran dana yang diterima, jelas Imas, lembaga PAUD per tahunnya sebesar Rp 610 ribu per siswa. Sedangkan PKBM untuk paket A Rp1.310.000 per siswa, paket B Rp1.520.000 per siswa, dan paket C Rp1.820.000 per siswa.

"Pencarian dilakukan dalam dua tahap dan dikirim langsung ke rekening masing-masing lembaga," ujarnya. (Gj)