Kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun emosional, memiliki kaitan erat dengan kesehatan gairah seksual yang juga penting dalam menjaga keintiman hubungan.
Foto ilustrasi

Selain obat-obatan medis, terdapat sejumlah makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin penting dalam meningkatkan libido dan stamina tubuh,melansir dari detikcom.

Lalu dikutip dari Zee News, berikut adalah 7 makanan yang dinilai bermanfaat dalam meningkatkan stamina seksual pada pria ataupun wanita.

1. Kacang walnut

Kacang walnut kaya akan kandungan omega-3 dan zinc yang memiliki banyak manfaat baik dalam meningkatkan libido. Selain itu, kacang ini juga bermanfaat dalam meningkatkan fertilitas dengan meningaktkan kualitas sperma.

2. Apel

Buah yang satu ini memiliki kandungan phloridzin, yaitu molekul yang menyerupai estradiol yang merupakan salah satu hormon seks utama pada wanita. Berdasarkan penelitian pada 2014, mengonsumsi apel secara rutin memiliki kaitan yang erat pada meningkatnya stamina seksual.

3. Cokelat

Studi menunjukkan bahwa cokelat memiliki kandungan yang baik dalam meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Serotonin dapat membantu meningkatkan mood dan memiliki efek afrodisiak yang bermanfaat untuk medongkrak gairah seksual.

4. Oyster

Oyster atau tiram adalah makanan yang kaya akan zinc yang memegang peranan penting dalam fungsi seksual pria dan fertilitas. Selain zinc, oyster juga kaya akan kandungan omega-3 yang bisa meningkatkan aliran darah dan mencegah disfungsi ereksi.

5. Stroberi

Biji stroberi memiliki kandungan zinc yang melimpah. Zinc adalah kandungan yang sangat penting dalam meningkatkan libido pada wanita dan pria. Tak hanya zinc, stroberi juga kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat dalam meningkatkan libido.

6. Semangka

Buah semangka mengandung sitrulin yang merupakan asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah. Kandungan ini dapat membantu ereksi dan memperbaiki kesehatan seksual pria.

7. Safron

Rempah yang disebut-sebut sebagai rempah paling mahal di dunia ini telah tergolong sebagai afrodisiak sejak lama. Afrodisiak adalah makanan yang bisa membangkitkan rangsangan dan gairah seksual (*)