Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana mengutarakan keseriusan Pemkab Karawang yang turut serta memberikan subsidi premi asuransi pertanian PT Jasindo untuk petani di Karawang. Hal itu di ungkapkan Cellica dihadapan Wamentan RI Harvic Husnul Qolbi saat Panen Inpari 36 dan Inpari 37 di Kecamatan Lemahabang Wadas, Rabu (23/5/2023).

"Produksi kita jauh lebih banyak setiap tahun dengan Kabupaten yang sebenarnya luas lahannya lebih banyak seperti Indramayu, karena produktivitas kita terus di topang dengan program dan kebijakan regulasi yang baik. Termasuk soal asuransi, APBD Karawang itu full membantu tambahan premi pembayaran petani, sehingga setiap bulannya petani yang terdaftar asuransi membayar tak kurang dari Rp40 ribuan dan bisa klaim Rp6 juta perhektar saat ada gagal panen, " Kata Cellica.
Foto: Distribusi Bantuan Benih dari BSIP ke Semua KTNA SE Kabupaten Karawang

Oleh karena itu, sebutnya, ia meminta Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Karawang, bisa memetakan saat ini, dari 90 ribuan hektar lahan sawah di Karawang, mana saja yang ada potensi paceklik dan gagal panen, sehingga serapan asuransi itu bisa termanfaatkan dengan baik oleh petani.

"Tolong KTNA nanti petakan sawah mana saja yang potensi paceklik dan gagal panen, ini menyangkut asuransi yang semua lahannya kita siap bantu subsidi dari APBD II, " Ungkapnya. (Rd)