Breaking News
---

Enam Desa di Karawang 'Tanding' Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2023

Sebanyak 6 Desa di Karawang, ikuti lomba penilaian desa tingkat Kabupaten Karawang tahun 2023 di Aula Kantor DPMD Karawang, Senin (29/5/2023).
Foto : Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2023 di Aula DPMD Karawang, Senin (29/5/2023)


Lomba dengan tema 'Tata Kelola Pemerintahan yang baik dalam mewujudkan stabilitas Ekonomi dan Sosial' itu, di nilai sejumlah aspek dengan penjurian langsung yang melibatkan pejabat DPMD, Dinas Kesehatan, Mako Pol PP dan Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Ketua panitia penyelenggara penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Karawang, yang juga Subkoor JF Penggerak Swadaya Masyarakat DPMD Karawang Sabrina mengungkapkan, dipilihnya 6 desa yang di lombakan tingkat kabupaten, tidak di tunjuk cuma-cuma, melainkan sudah melewati proses tahapan seleksi sebelumnya sebagaimana petunjuk teknis yang saat ini sudah terintegrasi lewat link Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal nilai evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Yaitu, desa dengan kriteria sedikit berkembang dan desa cepat berkembang. Sehingga, sebut Sabrina, yang memenuhi syarat penelitian administrasi sebelumnya ada 12 Desa, kemudian memenuhi spesifikasi desa setslah klarifikasi lapangan menyusut ada 9, sampai akhirnya kemudian di seleksi jadi 6 desa.
Foto : Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2023 di Aula DPMD Karawang, Senin (29/5/2023)

"Jadi ke enam desa ini persyaratannya berkembang dan cepat berkembang, juga memiliki profil desa tahun 2021-2022. Nah, nanti hasil juara yang di umumkan awal Juni ini, akan menjadi Wakil Karawang dalam lomba serupa yang mulai di gelar administrasinta pada 6-7 Juni 2023 ini, " Katanya.

Lebih jauh ia menambahkan, Indikator penilaian dalam lomba desa ini sendiri, meliputi program desa/kelurahan (Prodeskel), kemudian terseedianya RPJMD, tata kelola administrasi hingga soal inovasi pemerintah desa dan masyarakatnya. Nanti, sebut Sabrina, yang terpilih hasil pleno para juri yang terdiri dari pejabat Dinas Kesehatan, Pol PP, Tim Penggerak PKK hingga beberapa bidang di DPMD ini, akan lahirkan juara 1 dan berhak mendapatkan reward yang di sediakan berupa uang pembinaan, seperangkat bantuan alat komputer dan piagam.

"Nanti yang juara, selain berhak atas hadiah, juga di plenokan kelayakannya menjadi wakil Karawang dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat, " Ungkapnya. 


Kabid Administrasi Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengatakan, ke enam desa yang berlomba pada Senin ini antara lain Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon, Desa Pacing Kecamatan Jatisari, Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Barat, Desa Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok, Desa Pangulah Utara Kecamatan Kotabaru dan Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel. Semua desa yang di lombakan itu adalah hasil penilaian yang terintegrasi dengan Kemendagri tentang kriteria desa berkembang dan cepat berkembang. 

"Semoga dari lomba penilaian ini, melahirkan desa terbaik diantara yang terbaik untuk menjadi wakil Karawang di tingkat Provinsi Jawa Barat dalam lomba serupa mendatang, " Katanya.

Hadir dalam kesempatan penilaian lomba desa tersebut sekaligus menjadi juri, Kepala DPMD Kawarang Wiwiek Trisnawati dan sejumlah perwakilan Kepala Desa, BPD, LPM, Ketua PKK dan Aparat Pemerintah dari 6 Desa yang bergiliran di lombakan. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan